Zona Aman Bermusik Circa Waves

by

Judul Album: Different Creatures
Artis : Circa Waves
Produksi : Transgressive Records/ 2017

foto: istimewa

foto: istimewa

Untuk menjadi musisi yang karya-karyanya mampu menakar pasar, maka satu-satunya jalan adalah memainkan musik yang mudah dipahami. Sekali pun band tersebut adalah band indie yang biasanya tampil dengan full idealisme dan terkesan ogah didikte oleh produser rekaman. Nah, kasus ini yang terjadi pada grup band indie asal Liverpool, Inggris, Circa Waves. Band yang digawangi Kieran Shudall pada vokal dan gitar, Sam Rourke pada bass, Colin Jones pada drum, dan Joe Falconer sebagai gitaris ini seolah seperti ada idealisme bermusik yang tersembunyi. Mereka seakan mencari zona aman dalam bermusik dengan harapan agar karya mereka bisa dikenal khalayak.

Hal yang sama pernah dilakukan band setanah bijananya, The Beatles. Pada awalnya, The Beatles memainkan musik-musik yang easy. Namun memasuki tahun 1966, mereka mulai bereksperimen dengan merambah berbagai genre musik, termasuk musik etnik Timur. Lantas, apakah Circa Wives kelak akan berbuat semacam itu seperti band pendahulunya? Kita lihat saja, sekaligus menyimak album kedua mereka, Circa Waves yang dirilis tahun ini:
Wake Up: dibuka dengan drive-drive gitar yang datar dari Shudall sepanjang 8 bar. Kemudian memasuki bar ke-3, unision antara rif gitar Falconer, hentakan drum yang singkat dari Jones, dan dentaman bas dari Rourke berselingan dengan singkat di tiap bar. Sampai pada bar ke-7, musik mulai menghentak dalam irama rock up tempo. Termasuk mengiringi vokal Shudall di bagian reffrain, dan verse. Menjelang memasuki jeda hentakan sempat berubah menjadi berbirama 2/4 yang bertempo lambat. Namun kemudian berubah menjadi rock up tempo.

Fire That Burns: rif-rif gitar Falconer sempat berunision dengan dentaman bas Rourke dan hentakan drum Jones yang singkat, kemudian musik mengalir dalam hentakan rock up tempo sepanjang 2 bar. Hingga kemudian vokal Shudall masuk ke bagian verse. Saat masuk ke bagian reffrain hentakan musik berubah menjadi funk bit mid tempo.

Goodbye: dibuka dengan unision antara petikan gitar Falconer dengan dentaman bas Rourke sepanjang 4 bar. Kemudian saat masuk bar ke-2, musik menghentak dalam irama rock up tempo. Termasuk mengiringi vokal Shudall di bagian verse dan reffrain. Saat masuk ke bagian reffrain kadang bit-bit yang dimainkan Jones bisa berubah menjadi hustle non hit hat. Kemudian saat masuk ke bagian bridge bisa berubah menjadi funk bit mid tempo dan bisa kembali ke pola rock up tempo.

Out On My Own: genjrengan gitar Falconer yang bertempo lambat beriring dengan drive-drive gitar yang dimainkan Shudall sepanjang 4 bar. Kemudian vokal Shudal masuk ke bagian verse, dan saat masuk ke bagian reffrain, musik lagu ini menyajikan birama 6/8.

Different Creatures: Jones membuka dengan permainan drum yang menjurus pada irama rock up tempo sepanjang 2 bar. Kemudian dentaman bas Rourke, kocokan gitar dari Falconer masuk pada bar ke-3 berselingan dengan drive gitar yang dimainkan Shudall. Memasuki bar ke-9 vokal Shudall masuk ke bagian verse dalam iringan hentakan rock up tempo. Saat memasuki bagian bridge lagu, hentakan musik sempat berubah menjadi birama 2/4 mid tempo, namun kemudian berubah menjadi rock up tempo.

Crying Shame: vokal Shudall masuk ke bagian verse terlebih dulu. Saat akan masuk ke bagian reffrain, musik mulai menghentak dalam irama rock up tempo. Kemudian Shudall memainkan drive-drive gitar yang singkat dan berlanjut lagi ke bagian verse serta reffrain.

Love’s Run Out: Shudall membuka lagu dengan genjrengan gitar akustik dalam birama 3/4 sepanjang 3 bar dulu. Kemudian vokalnya masuk beriring permainan gitar akustiknya dalam birama 3/4.

Stuck: hentakan drum Jones membuka lagu ini sepanjang 2 bar sepanjang 2 bar. Kemudian menyusul dentaman bas Rourke pada bar ke-3, dilanjutkan dengan drive-drive gitar yang dimainkan Shudall pada bar ke-5. Saat masuk bar ke-8, vokal Shudall masuk ke bagian verse. Tetapi saat masuk ke bagian reffrain, bit-bit yang dimainkan Jones berubah menjadi irama boggie. Namun saat masuk ke bagian bridge, vokal Shudall hanya beriring petikan gitarnya. Kemudian masuk ke bagian reffrain lagi.

A Night on The Broken Tiles: dentaman bas Rourke dan rif-rif gitar yang dibangun Falconer memasuki intro lagu ini sepanjang 5 bar terlebih dulu. Kemudian bar ke-6 menyusul hentakan hustle non hit hat dari Jones, dan vokal Shudall baru masuk ke bagian verse di bar ke-8. Namun lagu ini kemudian berubah menjadi rock up tempo. Kemudian saat masuk ke bagian coda, muncul sound string serta sound efek gitar yang melayang-layang untuk kembali ke bagian reffrain.

Without You: rif-rif gitar Falconer sepanjang 4 bar kemudian menyusul pada bar ke-2 adalah hentakan musik rock up tempo dengan drive-drive gitar yang dimainkan Shudall. Hingga vokal Shudall masuk ke bagian verse mulai bar ke-5. Termasuk bagian reffrain lagu ini juga beriring hentakan rock up tempo.

Old Friends: hentakan musik slow RNB membuka lagu ini beriring dengan permainan gitar Shudall sepanjang 4 bar. Kemudian vokal Rhudall masuk ke bagian verse beriring hentakan slow RNB. Termasuk saat masuk ke bagian reffrain.
(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *