Website Dinas Pertanian Grobogan Jadi Sasaran Peretas Iseng

by
Foto: Inwepo

Foto: Inwepo

GROBOGAN, kecirit.com – Serangan cyber yang mengenai website Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Grobogan diyakini sebagai ulah iseng peretas. Website dinpertan.grobogan.go.id beberapa kali diserang peretas.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Grobogan, Edhie Sudaryanto mengatakan, beberapa waktu lalu website diretas selama sepekan. Dia meyakini serangan cyber kali ini baru terjadi beberapa hari belakangan.

“Serangan website ini sangat menganggu pelayanan informasi kepada masyarakat. Sebelumnya kami juga diserang dan sudah ditangani, ini kok ada lagi. Berarti kan hacker itu iseng saja. Dulu gambarnya tengkorak, sekarang bendera merah putih. Ada-ada saja ulah hacker,” katanya saat dihubungi, Rabu (26/10).

Terkait perlombaan website yang digelar Kementrian Pertanian, pihaknya tahun ini mengikuti lagi. Sebelumnya pada 2014, website dinas tersebut menjadi juara pertama. Kemudian tahun 2015 pada lomba serupa juga menjadi juara pertama. “Ini terlalu jauh kalau dikaitkan dengan perlombaan. Ini kelihatan orang iseng saja,” ujarnya.

Dari pantauan pada laman tersebut pada Rabu (26/10) pukul 15.00, layar laman berwarna hitam dengan tulisan di bagian atas “Byms_Cod Was Here”. Terdapat logo bendera merah putih di atas tulisan tersebut. Musik mengalun saat laman dibuka.

Saat memasukkan kata kunci pada mesin pencari Google juga tertera keterangan website diserang peretas dengan inisial yang sama.
(Zakki Amali/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...