Warga Sekitar Lokasi TMMD Dilatih Keterampilan Gawat Darurat

by
Dua orang Tim Medis PMI Blora memberikan praktik pertolongan pertama pada kecelakaan kepada warga Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo Blora, Kamis (29/9). (kecirit.com/Sugie Rusyono)

Dua orang Tim Medis PMI Blora memberikan praktik pertolongan pertama pada kecelakaan kepada warga Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo Blora, Kamis (29/9). (kecirit.com/Sugie Rusyono)

BLORA, kecirit.com – Warga masyarakat Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo yang dijadikan lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  dilatih memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau bencana alam. Praktek tersebut dipandu langsung oleh dua orang Tim Medis dari PMI Blora.

“Kalau semisal ada saudara atau tetangga yang pingsan atau terkena musibah dengan tahu cara menolong maka tidak perlu panik lagi,” ujar Puji Winarti salah seorang tim medis PMI.

Menurutnya pertolongan pertama merupakan cara untuk memberikan perawatan darurat pada korban. Sebelum dilakukan perawatan oleh petugas kesehatan atau dokter, ataupun korban dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit.

“Saat ada korban maka harus ada tindakan pertama yang harus segera diberikan kepada korban yang mendapatkan kecelakaan atau penyakit mendadak dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke tempat rujukan atau rumah sakit,” jelasnya.

Agus Supriyanto tim medis PMI lainnya menambahkan kalau P3K diberikan untuk menyelamatkan korban, meringankan penderitaan korban, mencegah cedera atau penyakit yang parah, mempertahankan daya tahan korban, dan mencarikan pertolangan yang lebih lanjut.  Mereka juga di berikan cara bagaiman menolong atau mengendong orang yang pingsan secara benar. “Kelihatannya sepele tetapi sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Balongrejo  mengaku sennag karena warganya mendapatkan banyak ilmu. “Sekarang kami jadi tahu bagaimana menolong korban atau pertolongan pertama,” katanya.

(Sugie Rusyono/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *