Warga Satu Dusun Diungsikan

by
SM/M Syarif SW  KIRIM BANTUAN :Para sukarelawan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banjarnegara menyiapkan beras, lauk-pauk, makanan instans, air minum, matras dan selimut untuk dikirim ke Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, kemarin. (45)

SM/M Syarif SW
KIRIM BANTUAN :Para sukarelawan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banjarnegara menyiapkan beras, lauk-pauk, makanan instans, air minum, matras dan selimut untuk dikirim ke Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, kemarin. (45)

BANJARNEGARA – Warga satu dusun di Dusun Kaliwadas, Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, terancam longsoran karena tanah bergerak di permukiman.

Mereka diminta mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Penanganan makin sulit dilakukan karena jalan utama menuju lokasi bencana tertutup longsoran tanah sepanjang 20 meter dengan ketebalan antara dua hingga tiga meter. ”Kami sudah kerahkan alat berat dari DPU untuk membuka jalan tersebut.

Namun untuk kiriman logistik bantuan bagi pengungsi, sudah dikirim melalui jalan memutar lewat Kecamatan Pandanarum,” kata Kasi Kedaruratan pada BPBD Banjarnegara, M Zuhri, kemarin. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BPBD, listrik di lokasi bencana juga padam. Oleh karena itu, tim kedua yang naik bersama alat berat membawa serta generator set (genset) untuk penerangan serta beberapa lampu dan kabel.

Selain itu, komunikasi melalui ponsel sangat sulit dilakukan karena banyak daerah di wilayah Kecamatan Punggelan termasuk Desa Mlaya yang blank spot atau tidak ada sinyal. Untuk data sementara, satu rumah rusak dan lima lainnya terancam. Warga mengungsi di SD yang dinilai lokasinya lebih aman ketimbang lokasi lainnya.

Koordinasi sudah dilakukan BPBD dengan Dinsosnakertrans untuk mengirim bantuan dan personel Tagana. PMI Banjarnegara juga menyiagakan Korps Sukarelawan (KSR) untuk mengirim bantuan dan mendirikan dapur umum.

Kemarin sore mereka sudah menata barang bantuan dan perlengkapan dapur umum yang dibutuhkan untuk digelar di lokasi bencana Desa Mlaya. ”Kami siapkan personel KSR, bantuan logistik dan lainnya serta keperluan untuk mendirikan dapur umum,” kata Kepala Markas PMI Banjarnegara, Edi Purwanto, kemarin.

Selain di Mlaya, longsor kemarin juga terjadi di Desa Tanjungtirta Kecamatan Punggelan dengan dampak dua rumah roboh, dua rusak ringan, dua luka ringan, 12 keluarga terancam dan 16 keluarga yang terdiri dari 53 jiwa mengungsi. Di sini sudah dibentuk posko desa.

Kejadian lain tersebar di Desa Petuguran, Kecamatan Punggelan, Desa Sokaraja, Kecamatan Pagentan, Desa Majatengah, Kecamatan Kalibening, Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening dan Desa Sidengok, Kecamatan Pejawaran.

Kalak BPBD Banjarnegara mengimbau warga di lokasi rawan bencana untuk ekstra waspada dan segera melaporkan tanda-tanda bencana atau kejadian ke posko BPBD dengan nomor telepon 0286 5988900. (H25-45)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *