TNI Bantu Bangun Jalan Desa

by

GROBOGAN – Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), selama ini telah membantu pembangunan Kabupaten Grobogan. Salah satunya dilakukan pengecoran jalan desa untuk melancarkan akses roda ekonomi warga. Bupati Grobogan Sri Sumarni, mengapresiasi kegiatan TMMD selama ini. Sebab, pembangunan insfrastruktur di desa menjadi cepat. Itu membantu cukup program-program pemerintahannya saat ini. ”Kegiatan ini bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Kami pemerintah kabupaten memberikan apresiasi dan rasa terima kasih atas adanya kegiatan ini. Terlebih, saat pelaksanaannya mengutamakan gotong royong dan itu harus terus dijaga,” kata Bupati Sri Sumarni usai menutup kegiatan TMMD tahan IX di Desa Karanggeneng Kecamatan Godong, kemarin.

Di kesempatan itu, Sri Sumarni mengingatkan agar perencanaan pembangunan dan pelayanan perizinan terpadu terus berbenah.

Diminta Mengadopsi

Menurutnya, KPK telah meminta Pemkab Grobogan, mengadopsi layanan e-planning dan e-budgeting. KPK juga meminta agar Grobogan mencontoh Pemkot Surabaya dan Pemkab Sidoarjo, yang sudah melaksanakan itu dengan baik. ”Hal ini saya sampaikan konsekuensi dari pelaksanaan sistem dan aplikasi ini, agar perencanaan pembangunan bisa betul-betul konsisten dan sinergi. Mulai dari perencanaan, penyusunan, hingga penganggaran dalam APBD harus sesuai,” kata Sri Sumarni.

Dalam kegiatan TMMD tahap IX di Desa Karanggeneng, Kecamatan Godong di antaranya, pengecoran jalan desa sepanjang 400 meter dengan lebar 3 meter, Jambanisasi untuk 10 unit rumah, Rehab Musola dan Poskampling masing-masing 1 unit. Sementara untuk kegiatan non fisik, ada sosialisasi wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan narkoba dan lainnya. ”Di penutupan kegiatan ini, kami adakan pasar murah, pengobatan gratis, pelayanan KB gratis dan hiburan rakyat. Selain itu, kami juga bagikan santunan beras bagi warga kurang mampu dan pemberian alat tulis untuk pelajar,” kata Dandim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter PGurning. (zul-63)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *