Theresa May Ancam Ganti UU HAM jika Menghalangi Upaya Pemberantasan Teroris

by

kecirit.com – Perdana Menteri Inggris Theresa May mengancam takkan segan-segan mengganti Undang-Undang Hak Asasi Manusia (HAM). Jika peraturan tersebut menghalangi upaya pemerintah untuk memerangi teroris.

Isu keamanan memang menjadi bola panas jelang pemilihan parlemen di Inggris. Tiga serangan teroris dalam sebulan bagi May sudah cukup. Bom di Manchester, penabrakan brutal di Jembatan London dan penusukan di Pasar Borough, ia pastikan tidak boleh terulang lagi.
Untuk meningkatkan kualitas keamanan nasional, suksesor David Cameron itu meyakinkan ada kebijakan yang perlu diubah. Meski begitu, saat ini dia belum menyiapkan rancangan kebijakan yang spesifik terkait pemberantasan terorisme. Khususnya mengenai lama masa hukuman yang setimpal untuk para terdakwa terorisme.

“Saya bermaksud membuatnya lebih mudah bagi pihak berwenang mengusir tersangka teroris asing kembali ke negara asal mereka,” terang May kepada para aktivis di Slough pada Selasa 6 Juni 2017 sore waktu setempat, seperti dilansir dari BBC, Rabu (7/6/2017).

Selain itu, May sedang memikirkan RUU yang bisa mempersempit kebebasan akses dan pergerakan para teroris tersebut di negaranya. Bagaimana penegak hukum dan intelijen ke depannya bisa meningkatkan pengawasan.

“Bahkan ketika kita sudah pegang cukup bukti kalau mereka adalah ancaman, tetapi belum ada bukti untuk membawanya ke pengadilan. Itu juga harus dipikirkan,” papar May.

Oleh karena itu, dia menegaskan, “jika UU HAM kita menghalangi upaya itu, maka akan kita ubah hukum itu agar kita bisa melakukannya.”

Dalam wawancara khusus dengan The Sun, May pernah mengatakan bahwa dia juga sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang masa penahanan pelaku tanpa dakwaan menjadi 28 hari. Aturan masa penahanan itu pada 2011 sudah diubah menjadi 14 hari saja.

“Maksud kami di sini adalah, jika ada kemungkinan dan situasinya membutuhkan untuk mengubah aturan itu, maka kami akan mengubahnya,” tukas dia.

Untuk merampungkan usulan kebijakan terkait terorisme ini, May akan mendengar saran dari para polisi dan penanggung jawab keamanan lainnya dulu. Menurutnya, itulah yang penting untuk dilakukan sekarang.

kecirit.com
PT kecirit.com Berjangka

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *