Tetap Ditangani Daerah, Kantor Kesbangpol Jadi Badan

by
Foto: Kesbangpol Blora

Foto: Kesbangpol Blora

BLORA, kecirit.com – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) urung menjadi instansi vertikal. Status quo Kesbangpol seiring bakal dirombaknya organisasi perangkat daerah (OPD) terjawab sudah. Hal itu seiring keluarnya surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 061/3163/Polpum tertanggal 15 Agustus 2016 yang ditandatangani atas nama Mendagri, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo.

Berdasarkan surat tersebut, kantor Kesbangpol tetap menjadi OPD di daerah. Bahkan status kantor tersebut akan ditingkatkan menjadi Badan. “Ini surat dari Jakarta sudah kami terima. Status Kesbangpol akan ditingkatkan. Kepalanya nanti adalah pejabat eselon II,” ujar Bupati Djoko Nugroho, kemarin.

Dia mengemukakan, saat rancangan peraturan daerah OPD disetujui dalam rapat paripurna DPRD pada 27 Agustus 2016, kantor Kesbangpol berstatus quo. Menurut bupati, kejelasan status kantor Kesbangpol ketika itu masih harus menunggu ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sempat beredar kabar, kantor Kesbangpol akan menjadi instansi vertikal atau instansi pemerintah pusat yang ada di daerah. Namun, kata bupati, seiring munculnya surat dari Mendagri tersebut, status kantor Kesbangpol akhirnya menjadi jelas. “Kesbangpol tetap menjadi instansi daerah,” tandas Djoko Nugroho.

Sesuai surat Mendagri, peningkatan itu dalam rangka meningkatkan efektivitas, keselarasan, sinergitas serta koordinasi dari pusat, provinsi sampai kabupaten/kota dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik dalam negeri. Oleh karenanya, daerah diminta agar menetapkan satuan kerja perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik dalam negeri dalam bentuk badan.
(Abdul Muiz/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...