Tekan Golput Melalui Pemilihan Ketua OSIS

by

BANYUMANIK- SMA4 Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan pemilihan ketua OSIS (pemilos) untuk tahun kepengurusan 2016-2017. Terdapat tiga kandidat ketua, yang kemarin berebut unggul melalui sistem pemilihan terbuka dan pencoblosan surat suara. Namun, acara itu, tak semata-mata mencari pemenang kandidat. ‘’Kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan tata cara pemilu yang baik dan benar kepada siswa-siswi. Tujuannya supaya mereka nantinya, juga tidak masuk istilah golongan putih (golput) dan menyadari betapa pentingnya berdemokrasi,’’urai panitia Indira Ega Oktami Nasution,kemarin.

Pemilos itu, mengikutsertakan lebih dari 1000, hak suara. Mereka terdiri atas guru, karyawan, dan siswa. Warga di sekolah itu hadir menyalurkan hak dalam pemilos, di sekolah yang berlokasi di kawasan Karangrejo Srondol Wetan. Peserta yang hendak menyalurkan hak pilih juga tampak tertib dan santun ketika antre masuk tempat pemungutan suara (TPS). Mereka menyalurkan hak memilih untuk kandidat Ketua OSIS yakni H Cahaya Mahesa siswa Kelas 11 IPS 1, Hasna Salsabila Kelas 11 IPA8, dan Hana Sinta kelas 11 IPA2.

Semuanya Menang

Disebutkan semboyan dalam pemilos juga menekankan kemenangan milik bersama. Artinya mereka yang terpilih nantinya akan didukung semua pihak. Kegiatan ini juga tidak menyisakan istilah pihak yang kalah. Mereka yang didaulat maju menjadi kandidat ketua, adalah siswa-siswi terbaik sekolah ini. Pada akhir perhitungan suara, H Cahaya Mahesa unggul dengan perolehan angka 928. Adapun Hasna Salsabila 121, dan Hana Sinta 103.

Model pemilihan ini ikut disertakan dalam yang diselenggarakan oleh KPU Kota Semarang. SMA 4 merupakan salah satu sekolah yang telah banyak menorehkan prestasi dan membawa harum nama Kota Semarang. ( H41-91)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *