Tanggul Sungai KB 1 Kritis

by

GROBOGAN – Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari ini, membuat beberapa tanggul di Grobogan rentan terkikis. Salah satunya di Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu. Sejak Senin (26/9) lalu, beberapa warga desa mulai memperkuat tanggul sungai KB 1, yang membentang di selatan dan timur desa tersebut.

Kepala Desa Mangunsari Musono, mengatakan air yang meluap sangat membahayakan warganya, terutama yang tinggal di RT3, 4, dan 5 RW2 desa tersebut. Ketiga RT itu cukup dekat dengan tanggul sungai KB 1. ”Sudah sejak Senin, kami kerahkan warga untuk memperkuat tanggul, dengan karung berisi tanah. Kami dibantu Koramil, Polsek, dan beberapa personel dari BPBD. Warga juga kami bagi untuk menjaga tanggul,” kata dia, Rabu (29/9).

Menurutnya, sejak Minggu (25/9) malam, ketinggian permukaan air di sungai itu sudah hampir melimpas. Saat itu bukan hanya wilayah hulu sungai yang hujan, tetapi juga di desa tersebut.

Langsung Diperkuat

Hujan terus menerus tersebut, Senin (26/9) menyebabkan sungai itu meluap. Warga pun langsung melaporkan hal itu ke kepala desa dan diteruskan ke Koramil serta Polsek. Saat itu juga, mereka langsung memperkuat tanggul. ”Kalau Senin itu tidak dikerjakan, mungkin tanggul di dekat makam desa itu sudah jebol. Sekarang kami kembali memperkuat tanggul di dekat jembatan, karena sedari pagi sudah mulai terkikis dan air mulai masuk,” ujarnya.

Pihaknya berharap, BBWS Pemali Juwana segera menangani tanggul-tanggul tersebut. Sebab, saat ini debit air di sungai tersebut cukup tinggi. Sementara, Staf Bidang Pelaksana Jaringan Sumber Air Pemali Juwana, Agus Yanto yang datang ke lokasi, mengatakan pihaknya akan secepatnya memperkuat tanggul secara permanen.

Adapun untuk saat ini, akan dilakukan penanganan darurat terlebih dahulu. ”Kami lakukan pendataan titik-titik yang rawan. Setelah itu, akan kami lakukan penguatan permanen. Sebelumnya ditangani secara darurat terlebih dahulu, sambil mempersiapkan penanganan yang permanen itu,” kata dia. (zul-63)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *