Tahun Depan, Normalisasi Kali Beringin

by
Camat Tugu Yenuarso (kiri) berada di tengah-tengah warga terdampak banjir siang tadi. (suaramerdeka,com / Bambang Isti)

Camat Tugu Yenuarso (kiri) berada di tengah-tengah warga terdampak banjir siang tadi. (suaramerdeka,com / Bambang Isti)

SEMARANG, kecirit.com – Dari 160 bidang tanah di Kelurahan Mangkang Wetan dan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu, tepatnya yang ada di DAS (Daerah Aliran Sungai) Kali Beringin, terdapat 133 bidang milik warga yang sudah selesai proses pembayaran ganti untung. Terkait dengan rencana normalisasi Kali Beringin.

Sedangkan sisanya, seperti dikatakan Camat Tugu HM Yenuarso Sip MM, akan diselesaikan melalui konsinyasi.

Maka jika melihat progresnya, sudah hampir 100 persen seperti itu.”Dipastikan tahun 2017 nanti, pembangunan normalisasi Kali Beringin segera dilaksanakan atau sudah memenuhi syarat,” kata Yenuarso, ditemui Rabu (28/9) malam.

Optimisme Yenuarso atas kepastian pelaksanan normalisasi itu berlandaskan instruksi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang pada Rabu petang, mengunjungi lokasi jebolnya tanggul Kali Beringin akibat limpasan air.

“Tadi sore Pak Hendi menginstruksikan, normalisasi akan segera dilakukan tahun depan, dan agar BBWS serta dinas terkait menyesuaikan,” lanjut Yenuarso menirukan ucapan Hendrar Prihadi.

BBWS adalah Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juwana yang menangani langsung pemeliharaan sungai. Ketika akan dikonfirmasi, kecirit.com malam itu belum berhasil menemui Kepala BBWS.

Ketika menyambangi warga terdampak banjir Kali Beringin tadi, Hendi membangikan sembako dan katung pasir sebagai antisipasi sementara jika rumah-rumah mereka kembali tergenangi air. Genangan air paling parah, menurut Yenuarso, ada di RW 9. Sedangkan secara keseluruhan terdapat tujuh RW yang terendam air.
(Bambang Isti/ CN40/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *