Tahap Perkembangan Embrio Pada Manusia

by
Tahap perkembangan embrio itu mencakup tiga buah tahapan mirip yang telah aku jelaskan di atas. Tiga buah tahapan perkembangan embrio tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Tahap Pre embrionik. Tahap ini merupakan tahapan yang pertama, yaitu zigot sesudah terjadinya pembuahan sel telur itu akan tumbuh membesar melalui cara pembelahan sel, sehingga terbentuklah segumpalan sel dan kemudian akan membenamkan diri didalam dinding rahim seorang wanita. Sel sel yang telah membenam pada dinding rahim itu kemudian akan menyusun dan mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga buah lapisan. Hal ini terjadi seiring dengan terjadinya pertumbuhan zigot tersebut yang akan semakin membesar
  2. Tahap Embrionik. Tahapan ini merupakan tahap yang kedua, disini akan berlangsung hingga dengan lima setengah minggu. Pada kurun ini disebut dengan embrio. Disini, organ dan juga sistem badan bayi akan mulai terbentuk dari suatu lapisan lapisan sel yang ada pada tahap pertama. 
  3. Tahap fetus. Diawali dari tahap ketiga ini, bayi disebut dengan istilah fetus. Tahap ini diawali dari usia kehamilan pada bulan yang kedelapan dan akan diakhiri pada proses kelahiran. Ciri khusus dari tahap ini yaitu fetus telah terlihat mirip manusia, mempunyai wajah, kedua oleh-oleh dan juga ke dua buah kaki. Pada awalnya hanya mempunyai panjang sekitar 3 cm, namun semua organ telah nampak jelas. Tahap ini akan berlangsung hingga 30 mingguan, dan akan terus berkembang hingga menjelang kelahiran.

Tahap perkembangan pada insan

Tahap perkembangan pada manusia itu terjadi melalui dua buah fase, yaitu fase perkembangan embrionik yaitu fase yang terjadi di dalam kandungan atau sebelum bayi dilahirkan dan fase yang ke dua yaitu fase pasca embrionik atau fase sesudah bayi dilahirkan.

  1. Fase perkembangan embrio meliputi, Pre embrionik, Embrionik, dan fetus
  2. Fase pasca embrio meliputi, fase bayi, fase anak anak, fase remaja, fase dewasa, dan fase renta