Surat Terlambat, KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Sekda Kebumen

by
BERI PENJELASAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kebumen Adi Pandoyo saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/10). (kecirit.com/Supriyanto)

BERI PENJELASAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kebumen Adi Pandoyo saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/10). (kecirit.com/Supriyanto)

KEBUMEN, kecirit.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Adi Pandoyo sedianya dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (27/10). Adi Pandoyo rencananya diperiksa sebagai saksi perkara suap proyek Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebumen dalam APBD Perubahan 2016 di Gedung KPK Jakarta sekitar pukul 10.00.

Akan tetapi, pemeriksaan terhadap Adi Pandoyo urung dilakukan. Pasalnya, surat panggilan penyidik KPK terlambat diterima oleh Adi Pandoyo. “Saya menerima surat panggilan Kamis pukul 12.30. Kemudian saya konfirmasi ke KPK meminta untuk dijadwalkan ulang. Alhamdulillah, bisa dijadwalkan ulang,” ujar Adi Pandoyo kepada kecirit.com di ruang kerjanya sebelum upacara peringatan hari sumpah pemuda, Jumat (28/10).

Adi Pandoyo bakal diperiksa oleh penyidik KPK, Senin (31/10) pukul 10.00 di gedung KPK Jakarta. Adapun surat panggilan untuk hari Senin sudah diterima melalui faksimili. Surat nomor: SPG/44446/23/10/2016 tertanggal 27 Oktober 2016 tersebut ditandatangani oleh Direktur Penyidikan, Deputi Bidang Penindakan KPK Aris Budiman. Adi Pandoyo akan diperiksa untuk tersangka Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen Sigit Widodo.

Ditanya terkait persiapan menghadapi pemeriksaan penyidik KPK, Adi mengaku apa yang akan ditanyakan juga belum tahu. “Yang jelas saya mempersiapkan secara fisik dan mental,” tandas Adi Pandoyo didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Kebumen Drajat Triwibowo.

Lebih lanjut, Adi menerangkan bahwa proses hukum terkait perkara suap tersebut tidak menganggu kinerja pelayanan publik di Pemkab Kebumen. Termasuk dirinya masih tetap menjalankan pekerjaan sebagaimana biasanya. Pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal perencanaan yang sudah ada. “Untuk saat ini belum terpengaruh dan secara umum tidak ada masalah. Tetapi tidak tahu untuk nanti-nantinya,” imbuhnya mengakui kondisi ini secara psikologis juga berpengaruh pada keluarga.

Proses Hukum

Adi menekankan bahwa pihaknya menghormati proses hukum yang ada. Juga menghormati pekerjaan yang dilakukan oleh KPK. “Biarkan proses hukum berjalan sebagaimana mestinya. Kinerja teman-teman di Pemkab Kebumen tidak boleh terganggu dengan proses hukum yang sedang berjalan,” tandasnya.

Selain Adi Pandoyo, penyidik KPK juga memanggil Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kebumen Ahmad Ujang Sugiono dan anggota Komisi A DPRD Kebumen Dian Lestari Subekti Pertiwi. Adi Pandoyo dan Dian Lestari sebelumnya turut diamankan saat operasi tangkap tangan di Kebumen, Sabtu (15/10) lalu. Adi dan Dian sempat menjalani pemeriksaan di Jakarta sebelumnya akhirnya diperbolehkan pulang. (Supriyanto/cn38/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *