Spotify Makin Manjakan Pengguna dengan Fitur Discover Weekly

0
44

TeknoKecirit – Sejak hadir di Indonesia pada akhir bulan Maret 2016, layanan streaming musik Spotify mulai menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Dalam sebuah acara pertemuan dengan media, Sunita Kaur (Managing Director Spotify Asia) menjelaskan kalau masyarakat Indonesia telah menghabiskan waktu sebanyak 1.165 miliar menit untuk menikmati Spotify selama tiga bulan operasional mereka di tanah air.

“Jumlah ini sudah termasuk waktu yang digunakan pengguna untuk mendengarkan lagu di Spotify secara offline,” jelas Sunita kepada Tech in Asia.

Sunita juga menambahkan kalau para pengguna Spotify di Indonesia rata-rata meluangkan waktu selama 1,5 jam untuk menikmati layanan Spotify setiap harinya. Mayoritas mereka melakukannya pada pukul 12:00 hingga 16:00, dan pukul 20:00 hingga 23:00.

“Beberapa genre yang menjadi favorit pengguna Spotify di Indonesia adalah jazz, EDM, dan indie,” ujar Benjamin Chelliah, Head of Public Relations Spotify untuk Asia Tenggara.

Adaptasi dengan kebiasaan pengguna di tanah air

Spotify Discover Weekly | Ilustrasi

Demi memudahkan para pengguna di tanah air untuk menemukan musik yang sesuai dengan selera mereka, baru-baru ini Spotify pun menghadirkan fitur Discover Weekly di Indonesia.

Fitur ini sebelumnya telah diluncurkan Spotify di negara-negara lain sejak bulan Juli 2015 yang lalu.

Dengan fitur ini, Spotify akan memberikan sebuah playlist yang berisi 30 lagu dengan total durasi dua jam. Playlist tersebut akan diperbarui setiap hari Senin setiap minggunya.

Lagu-lagu di playlist tersebut akan dipilih berdasarkan musik yang sering kamu dengar, serta lagu-lagu lain yang berada di playlist yang sama dengan lagu favorit kamu.

Kamu bisa menemukan fitur Discover Weekly ini dengan memilih Discover di halaman Browse. Setelah itu, kamu akan menemukan sebuah album berjudul Discover Weekly yang berada di pojok kiri atas.

Album tersebut akan menggunakan foto profil kamu sebagai cover. “Hal tersebut kami lakukan untuk menunjukkan kalau album tersebut benar-benar eksklusif dibuat untuk kamu,” jelas Sunita.

Sunita Kaur Managing Director Spotify Asia | Foto

Sunita Kaur, Managing Director Spotify Asia

Spotify sengaja baru menghadirkan layanan Discover Weekly ini tiga bulan setelah peluncuran perdana mereka di tanah air. “Untuk membuat layanan ini, kami membutuhkan data pengguna yang cukup banyak.

Dan saat ini kami telah mempunyai data-data tersebut,” ujar Sunita.

Ketika ditanya tentang jumlah pengguna aktif bulanan di Indonesia, Sunita menolak untuk menjawabnya saat ini. Jawaban yang sama pun ia berikan ketika ditanya tentang jumlah lagu Indonesia yang kini ada di Spotify.

“Kami akan memberikan data tersebut begitu kami mencapai milestone tertentu,” tutur Sunita.

Bagaimana cara mendapat saran lagu yang tepat di Discover Weekly?

Algoritma Discover Weekly | Ilustrasi

Algoritma yang digunakan Spotify untuk membuat Discover Weekly

Saya sudah mencoba mendengarkan lagu-lagu yang disarankan Spotify lewat Discover Weekly, dan saya menemukan ada beberapa lagu yang kurang sesuai dengan selera saya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Matthew Ogle (Senior Product Owner Spotify) dan Edward Newett (Lead Software Engineer Spotify) yang bertanggung jawab terhadap Discover Weekly ini pernah memberikan beberapa saran.

Menurut mereka, kamu bisa mendapat saran lagu yang lebih sesuai dengan selera kamu dengan cara menambahkan lebih banyak musik yang kamu suka di Spotify Library.

Selain itu, kamu juga harus melewatkan (skip) lagu-lagu yang kamu tidak suka.

“Apabila pengguna melakukan fast-forward di 30 detik pertama sebuah lagu, algoritma Discover Weekly akan melihatnya sebagai sebuah penilaian buruk,” ujar Matthew.

Apakah layanan streaming musik seperti Spotify bisa jadi penyambung nafas musisi independen lokal?

Kamu juga akan lebih sering mendapatkan lagu dari seorang penyanyi atau genre tertentu apabila kamu membuka halaman profil penyanyi atau genre tersebut.

Apabila cara-cara tersebut sudah kamu lakukan, maka kamu harus bersabar karena perubahan algoritma Discover Weekly tidak bisa berlangsung secara cepat.

“Hal tersebut kami lakukan untuk mengantisipasi apabila ada seorang teman yang iseng mengutak-atik akun Spotify kamu. Karena itu, perubahan terhadap algoritma baru akan terjadi setelah beberapa waktu,” jelas Edward.

Spotify juga menegaskan kalau saran lagu yang kamu terima lewat Discover Weekly tidak akan terpengaruh dengan hal lain di luar algoritma yang mereka tetapkan.

Karena itu, mereka akan menolak apabila ada perusahaan musik yang meminta sebuah lagu tertentu untuk dimasukkan ke playlist Discover Weekly pengguna.


Dengan popularitas yang cukup menanjak dan sejumlah fitur menarik seperti Discover Weekly, layanan Spotify sepertinya punya masa depan yang cukup cerah di tanah air.

Namun mereka tetap harus waspada dengan beberapa pesaing mereka, seperti Apple Music dan Joox.

 

 

The post Spotify Makin Manjakan Pengguna dengan Fitur Discover Weekly appeared first on Informasi Update Teknologi.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here