Soal Turis Tabrakkan Diri ke KA, KAI Sebut Tak ada Kelalaian Petugas

by
Foto: istimewa

Foto: istimewa

YOGYAKARTA, kecirit.com – Seorang turis asing berpaspor Belanda tewas diduga bunuh diri dengan melompat ke jalur ketika kereta api masuk dalam Stasiun Lempuyangan, Kamis (20/10). Pihak PT KAI Daop 6 Yogyakarta pun memastikan tidak ada kelalaian dari petugas yang ada di stasiun tersebut.

“Kejadian kemarin itu sekali lagi bukan karena kelalaian petugas kami. Petugas di Stasiun Lempuyangan sudah bekerja sesuai prosedur yang ditetapkan,” tegas Manager Corporate Communication PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Jumat (21/10).

Menurut Eko, informasi di stasiun kereta dan pada kejadian kemarin khususnya di Stasiun Lempuyangan sudah cukup banyak dan petugas juga selalu menginformasikan adanya kereta api baik yang akan masuk stasiun atau keluar dari stasiun. Tujuannya agar para calon penumpang tidak berada di lokasi-lokasi berbahaya, atau berdiri di batas garis kuning yang apabola kereta akan berangkat maka terlalu mepet dengan penumpang.

“Jadi informasi sebelumnya sudah dilakukan petugas lewat pengeras suara supaya ketika ada kereta yang masuk ke stasiun di jalur emplasemen 1, 2, 3 atau 4 supaya calon penumpang tak mendekat atau di luar garis batas berwarna kuning. Bahkan petugas sekuriti kami juga selalu action atau menjemput bola,” papar Eko.

Jemput bola yang dilakukan petugas keamanan dalam, ungkap Eko, yakni dengan berkeliling di setiap sudut stasiun. Mereka mengawasi kalau ada calon penumpang yang berada di emplaemen maka akan segera dilarang. “Jika ada penumpang yang berdiri di rel selalu dilarang. Itu karena yang dilakukan penumpang tersebut merupakan tindakan berbahaya baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Maka petugas tersebut langsung melakukan pengamanan terhadap yang bersangkutan,” tandas Eko.

Sebagaimana diketahui, Denise Pronk (23) nekat mengakhiri hidupnya dengan melompat ke jalur 1 Stasiun Lempuyangan ketika kereta Joglokerto (Jogja-Solo-Purwokerto) masuk ke staiun tersebut. Tak ayal tubuh wanita berpaspor Belanda itu pun langsung terseret sejauh 30 meter dan ditemukan sudah tidak bernyawa. (Gading Persada/CN38/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *