Soal Munir, SBY Janji Ungkap dalam 2-3 Hari

by
foto : engangemedia.org

foto : engangemedia.org

JAKARTA, kecirit.com – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya buka suara terkait pemberitaan yang menyebut hilangnya dokumen-dokumen kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia Munir Said Thalib di era kepemimpinannya.

SBY berjanji memberikan penjelasan dalam dua-tiga hari mendatang setelah membuka kembali dokumen, catatan dan ingatannya terkait hal tersebut.

Dalam akun Twitter-nya, @SBYudhoyono, SBY mengaku mencermati gencarnya pemberitaan media dan perbincangan publik terkait hasil temuan Tim Pencari Fakta (TPF) Munir dua minggu terakhir. “Saya amati perbincangan publik ada yang berada dalam konteks, namun ada pula yang bergeser ke sana ke mari dan bernuansa politik,” tulisnya.

Munir dibunuh dengan racun arsenik dalam dosis mematikan dan tewas dalam pesawat Garuda pada 7 September 2004. Pengadilan telah menyidangkan sejumlah terdakwa dalam kasus ini, termasuk mantan pilot Garuda Pollycarpus Priyanto yang akhirnya dihukum 20 tahun penjara setelah sempat divonis bebas, dan mantan awak pesawat Rohainil Aini yang dihukum satu tahun.

Namun terdakwa otak pembunuhan Muchdi Purwoprandjono, mantan deputi Badan Intelijen Negara, bebas di tingkat kasasi.

Kasus Munir ini kembali menjadi pemberitaan setelah pemerintahan Joko Widodo menegaskan tidak akan membuka lagi kasus tesebut.

Koordinator Peneliti Imparsial Ardi Manto menyebut, Presiden Jokowi tersandera dalam hal penyelesaian kasus HAM masa lalu. “Nampaknya pemerintahan Jokowi tersandera. Sebab di dalam dokumen TPF Munir, diduga melibatkan oknum BIN yang notabene juga orang-orang di sekeliling Jokowi,” ujar Ardi pekan lalu.

(Fauzan Jayadi/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *