SMP 1 Maos Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru

by

CILACAP-SMP1 Maos mengadakan in hause training (IHT) peningkatan kompetensi guru yang diikuti 36 guru SMP tersebut. Training dilaksanakan selama beberapa hari, 24, 28, dan 29 September serta 1 Oktober, dimulai setelah ulangan tengah semester (UTS) selesai, yakni pukul 11.30-17.00.

’’Sedangkan training yang diadakan pada 8 Oktober, dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar (KBM) selesai, yaitu pukul 12.00-17.00,’’ kata Kepala SMP 1 Maos, Tarno, Kamis (29/9). Dikatakan, selama mengikuti IHT para guru mendapatkan materi tentang kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cilacap yang disampaikan Kepala Disdikpora, Warsono.

Materi yang lain, review kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMP 1 Maos, perangkat KBM, penilaian, penghitungan angka kredit, penulisan penelitian tindakan kelas (PTK), penulisan jurnal, dan penulisan artikel. Materi tersebut disampaikan Tarno, pengawas sekolah Muhail, dan tim pengembang kurikulum SMP1 Maos.

Sesuai nama kegiatan tersebut, lanjut Tarno, IHT diadakan untuk meningkatkan kompetensi semua guru di sekolah yang dipimpin. Untuk itu, setelah selesai mengikuti IHT diharapkan setiap guru memahami KTSP SMP Negeri 1 Maos, mampu membuar perangkat KBM yang benar.

Kemudian mampu membuat penilaian yang benar, mampu melakukan dan membuat laporan PTK, mampu menulis jurnal atau artikel. Bahkan setiap guru diharapkan juga mampu membuat karya tulis ilmiah (KTI). ’’Agar setiap materi yang disampaikan narasumber dapat dengan cepat dipahami oleh semua guru peserta IHT maka pada setiap kesempatan diadakan simulasi atau praktik,’’katanya.

Menurut Tarno, apabila seorang guru memiliki kemampuan seperti yang ingin dicapai melalui kegiatan IHT berarti guru itu telah memiliki kompetensi yang baik. Harapan ke depan, semua guru SMP1 Maos memiliki kompetensi tersebut secara berimbang. (ag-78)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *