Sleman Surplus Daging Sapi

by
Foto: kecirit.com/Fista Novianti

Foto: kecirit.com/Fista Novianti

SLEMAN, kecirit.com – Peternakan sapi potong di wilayah Sleman cukup berkembang. Produksi daging sapi dari peternak lokal tercatat mengalami surplus, atau melebihi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), kebutuhan daging sapi di Sleman hanya sekitar 302 ton. Sementara, produksi sapi potong sepanjang tahun lalu mencapai lebih dari 1.800 ton. Sedangkan tahun ini hingga bulan September, angka produksi sudah melebihi 1.700 ton.

“Melihat data itu, saya optimis produksi daging sapi tahun ini akan meningkat dan kembali surplus,” kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat acara tasyakuran panen pedet (anak sapi) di Dusun Bolu, Desa Margokaton, Kecamatan Seyegan.

Di Sleman saat ini terdapat 521 kelompok ternak sapi dengan jumlah peternak lebih dari 18.500 orang. Sedangkan jumlah sapi potong yang diternakkan sekitar 53.000 ekor.

Muslimatun berharap kondisi suplus itu terus ditingkatkan, sehingga Sleman dapat menjadi lumbung daging sapi bagi daerah lain. Terlebih, banyak program pemerintah yang dilaksanakan dalam rangka mendukung sektor peternakan.

Diantaranya kegiatan pengembangan budidaya sapi potong, penguatan pakan induk, inseminasi buatan, dan penguatan betina produktif. Diharapkan berbagai program itu dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peternak.

(Amelia Hapsari/ CN33/ SM Network)

loading...