Sleman Kembangkan Desa Mandiri Pangan

by
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

SLEMAN, kecirit.com – Pengembangan desa mandiri pangan di wilayah Sleman terus ditingkatkan. Sampai saat ini sudah ada 8 desa yang mendapat kemandirian pangan.

“Kami sedang berupaya mengembangkan desa mandiri pangan sebagai upaya meningkatkan sistem kemandirian dan ketahanan pangan di pedesaan,” kata Bupati Sleman Sri Purnomo, Kamis (29/9).

Menurutnya, kemandirian pangan merupakan langkah  yang harus diwujudkan terlebih dulu untuk mencapai kedaulatan pangan. Mengingat pentingnya program itu, bertepatan peringatan Hari Pangan Sedunia, dia meminta semua pihak terkait menggalang kerjasama dan sinergi untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

Dia juga mengajak semua elemen untuk bersama membuat terobosan dan inovasi untuk mengelola potensi pangan lokal agar lebih optimal. “Saya berharap ke depan pengembangan desa mandiri pangan terus ditingkatkan agar langkah kita menuju kedaulatan pangan dapat segera tercapai. Jika potensi pangan lokal bisa optimal dimanfaatkan, kebutuhan pangan akan terpenuhi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DP2K) Kabupaten Sleman Widi Sutikno mengatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia di Sleman telah dilaksanakan tanggal 22 dan 23 September lalu. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal sebagai alternatif.

Guna mencapai sasaran itu, pihaknya mengadakan berbagai lomba olahan pangan berbahan dasar lokal. Contoh bahan yang digunakan antara lain talas, daging itik, ikan air tawar, dan salak.

“Pemanfaatan bahan dasar lokal ini untuk mendorong ide kreatif masyarakat sehingga tercipta varian produk baru yang memiliki nilai ekonomi lebih,” katanya.

Selain lomba olahan bahan pangan, peringatan Hari Pangan Sedunia juga diisi paparan inovasi teknologi pertanian, temu usaha, serta bazar yang diikuti 50 kelompok usaha dari Asosiasi Bidang Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Pengusaha Olahan Makanan, serta bidang lainnya.

(Amelia Hapsari/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *