Siswa SMA 1 Maos Tanam Pohon

by

CILACAP – Sebanyak 110 siswa dari OSIS, Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dan Satgas Adiwiyata SMA1 Maos Kabupaten Cilacap, melakukan aksi bakti sosial dengan memungut sampah anorganik, serta menanam pohon cemara laut di Pantai Sodong, Srandil, Kecamatan Adipala, Cilacap, Minggu (25/9) lalu.

Menurut kepala sekolah, Sumarsono, tujuan diadakannya kegiatan tersebut di antaranya melatih kepekaan siswa terhadap pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan. Kegiatan penghijauan dengan menanam pohon cemara laut untuk menambah kesejukan pantai. Ini sesuai dengan program SMA 1 Maos, sebagai sekolah adiwiyata yang akan menuju ke tingkat nasional.

Selain itu, kegiatan bakti sosial dilaksanakan bekerja sama dengan masyarakat Karangbenda tersebut sekaligus untuk menggalakkan pariwisata di Kabupaten Cilacap. ‘’Apalagi Pantai Sodong terkenal dengan paronama bukit kapurnya, serta hutan pinus yang bersih dan indah, sehingga biasa digunakan untuk berteduh,’’ungkapnya.

Sementara Kordinator bidang Kesiswaan, Asfan, mengatakan bakti sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi siswa kelas 10 dan kelas 11. Dikatakan, baksos dan tanam pohon hanya salah satu rangkaian kegiatan. Selain kegiatan itu, juga diberikan materi lain berupa pengetahuan dan kedisiplinan.

Salah satu siswa, Langgeng Irma, mengapresiasi kegiatan tersebut. Di samping melatih karakter siswa khususnya dalam menjaga kebersihan, siswa juga bisa ikut menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan sejuk. (H48-87)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *