Siswa Diajak Membatik di Layang-layang

by

SOLO – Sebanyak 50 siswa SDN Bumi I, Kecamatan Laweyan, dilibatkan dalam workhshop melukis layangan dengan motif batik, terkait event ”Laweyan Membatik Langit” untuk memeriahkan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. Siswa dari kelas IV, V dan VI itu diminta untuk melukis aneka motif batik pada permukaan layang-layang yang polos, dengan menggunakan cat air. Sebelum melukis, mereka membuat sketsa motif dengan pensil, sesuai contoh yang ditempelkan di papan tulis. Syifa Yoga Fatoni, siswa kelas V, mengaku senang bisa ikut workshop tersebut. ”Baru sekali ini melukis batik di layang-layang. Asyik, apalagi saya suka menggambar,” katanya.

Hal senada diucapkan Zulfikar Nur Hafid, juga siswa kelas V. ”Sama-sama menyenangkan, melukis batik maupun menggambar biasa,” ujarnya.

Punya Bakat

Arbiyati, guru yang ikut mendampingi siswa dalam kegiatan tersebut mengatakan, peserta workshop adalah siswa yang dinilai memiliki talenta menggambar dan melukis. ”Jadi yang punya bakat, yang dipilih untuk mengikuti kegiatan ini.

Workshop serupa juga digelar di beberapa sekolah lain. Nantinya, semua layang-layang yang sudah dilukis batik, akan diterbangkan bersama di beberapa lokasi, di acara Laweyan Membatik Langit,” jelasnya.

Dia menambahkan, siswa SDN Bumi I sudah cukup familier dengan aktivitas yang terkait dengan batik, karena di sekolah tersebut ada ekstrakurikuler membatik. ”Jadi kalau untuk kegiatan membatik, beberapa siswa sudah terbiasa,” imbuhnya. (H44-50)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *