Siap Berikan Perubahan Nyata

by

PENGALAMANNYA sebagai menteri pertanian di era Presiden SBY, mengantarkan Suswono menjadi salah seorang calon bupati dalam ajang Pilkada Brebes 2017 mendatang. Dia diusung PKS dan Gerindra berpasangan dengan Akhmad Musttaqin untuk bersaing di pesta demokrasi tersebut. Bagi petani di Brebes, sosok Suswono sudah tidak asing lagi.

Bahkan saat menjabat sebagai menteri, suami Mieke Wahyuni itu terbilang sebagai menteri yang paling kerap turun ke daerah, terutama di Kabupaten Brebes. Dari latar belakang pendidikannya yang mumpuni, kemampuan Suswono memang tak diragukan lagi. Bapak empat anak itu merupakan lulusan S-3 Institut Pertanian Bogor (IPB). Jenjang kariernya diawali dari menjadi guru di MAN Bogor pada 1980-1983.

Dia kemudian menjadi dosen di IPB pada 1984-1987 dan dosen di Universitas Ibnu Khaldun Bogor pada 1984 hingga sekarang. Suswono dipercaya sebagai tenaga ahli menteri kehutanan pada 1999-2001. Putra pasangan Asraf (almarhum) dan Suratni (almarhumah) juga mempunyai jam terbang tinggi di pemerintahan. Pada 2004, Suswono terpilih sebagai anggota DPR dari PKS untuk periode 2004-2009. Dia terpilih sebagai wakil rakyat untuk Daerah Pemilihan IX Jawa Tegah yang terdiri atas Brebes, Tegal, dan Slawi.

Amanat sebagai wakil rakyat itu mengantarkan Suswono mulai dikenal masyarakat Brebes. Apalagi, keseriusannya memperhatikan nasib para petani bawang merah di Brebes. Dia juga kerap turun ke Brebes untuk mengecek langsung kondisi pertanian bawang merah. Jenjang karier pemerintahan diraih pria kelahiran 20 April 1959, saat dipercaya Presiden SBY menjadi salah satu menteri di kabinetnya. Suswono menjabat menteri pertanian pada 2005-2009.

Melayani Rakyat

Suswono mengemukakan, alasannya mencalonkan diri karena mendapat tugas partai dan tidak ada alasan untuk menolak. Apalagi, jabatan itu bukan sebuah tujuan, tetapi jabatan itu bagaimana bisa melayani rakyat dalam kondisi terbaik. (Bayu Setiawan-57)

loading...