Serangan Udara di Irak, Militer Turki Klaim Tewaskan 18 Petempur Kurdi

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

ISTANBUL, kecirit.com – Dua belas petempur kurdi di Turki tenggara dan enam orang lain tewas dalam serangan udara di Irak utara, sembari menyasar sekutu mereka di Suriah utara, kata militer Turki pada Jumat (21/10).

Menurut sebuah pernyataan militer, pada Kamis (20/10), sebanyak 12 gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) “dimusnahkan” di wilayah Cukurca, provinsi Hakkari, dekat perbatasan Irak.

Dalam pernyataan itu, disebutkan bahwa di Irak utara, serangan udara Turki mengenai wilayah Avashin Basyan, menewaskan enam petarung PKK dan menghancurkan empat sasaran pada Kamis.

Dalam pernyataan lain terkait gerakan mereka menyingkirkan IS dan petempur YPG Kurdi dari perbatasannya di Suriah utara, militer mengatakan menyerang 40 sasaran terkait IS dan enam sasaran milik YPG pada Kamis, menyebabkan mereka “tidak dapat bergerak”.

Pada Rabu malam, serangan udara Turki mengenai para petarung YPG dan petarung sekutu mereka di Suriah utara dan pihak militer mengatakan bahwa serangan itu berhasil menewaskan 160 hingga 200 orang kombatan.

Militer Suriah menyebut serangan dari Turki itu sebagai sebuah aksi “agresi yang jelas” dan mengatakan bahwa mereka akan menjatuhkan pesawat tempur Turki apapun yang memasuki wilayah udara Suriah.

Amerika Serikat mendukung YPG dalam pertempuran mereka melawan IS, yang menyebabkan Ankara marah, yang memandang YPG perpanjangan tangan PKK, yang memberontak tiga dasawarsa di Turki tenggara.

Presiden Tayyip Erdogan memperingatkan pada Rabu bajwa Turki dapat bertindak sendiri dalam menyingkirkan musuh-musuhnya di luar negeri.

Lebih dari 40.000 orang, kebanyakan warga Kurdi, tewas dalam perang Turki dengan PKK, yang disebut kelompok teroris oleh Ankara, Amerika Serikat dan uni Eropa, demikian dilaporkan Reuters.

(Ant/CN39)