Seram! 7 Momen Pengabdi Setan ini Mengingatkan ke The Conjuring Series

by
Seram! 7 Momen Pengabdi Setan ini Mengingatkan ke The Conjuring Series

Film reboot Pengabdi Setan yang telah dinanti-nantikan akhirnya hadir juga di layar lebar. Karya apik sutradara Joko Anwar ini menuai reaksi positif dari para penikmat film Indonesia. Pengabdi Setan yang diadaptasi dari film berjudul sama asal tahun 1982, disebut-sebut menjadi barometer baru untuk industri film horor tanah air. TIPS KESEHARIAN

Selain sinematografi yang ciamik serta akting memukau Tara Basro dan kawan-kawan, Pengabdi Setan menjanjikan momen-momen mencekam yang bikin penonton dihantui bahkan setelah keluar dari bioskop. Dari film berdurasi 1 jam 44 menit itu, IDN Times mendapati beberapa momen yang terasa akrab dan mengingatkan pada film franchise The Conjuring (dan Annabelle) yang terinspirasi kisah nyata Ed & Lorraine Warren. BERITA UNIK

Artikel berikut ini berisi spoiler. Silakan lanjut baca kalau masih penasaran, kami udah mengingatkan, ya… INFO MENARIK

1. Setting tahun 80-an awal yang kental mulai dari kostum hingga musik sama-sama jadi daya tarik film-film horor ini.



Meski dibuat pada tahun 2017, Pengabdi Setan Reboot tetap mempertahankan setting semula yang berada di tahun 1981. Mulai dari pakaian, dekorasi, suasana lingkungan sampai musik yang dipakai dalam film ini sangat retro dan memberi daya tarik tersendiri.

Hal ini juga tak pelak mengingatkan pada film-film The Conjuring yang menceritakan petualangan Ed & Lorraine Warren pada tahun 70-80-an dan otomatis bersetting di masa old school juga.

2. Bertempat di rumah bergaya lawas a la victorian atau kolonial juga memberi nuansa khas.



Rumah yang dipakai sebagai latar belakang Pengabdi Setan adalah sebuah vila tua di Pengalengan, Jawa Barat. Rumah ini terasa sangat pas dengan cerita yang diusung film horor ini, yaitu dari tampilannya yang kuno bergaya kolonial.

Sekali lagi setting ini juga mengingatkan kepada rumah-rumah yang menjadi obyek investigasi Ed & Lorraine Warren di The Conjuring Series (termasuk film Annabelle 1 & 2). Rasanya seperti kembali ke masa lalu ya.

3. Bel milik tokoh “ibu” untuk memanggil penghuni rumah yang lain juga dipakai baik dalam Annabelle maupun Pengabdi Setan.



Tokoh Ibu yang menjadi pusat cerita film Pengabdi Setan punya lonceng, sebuah ciri khas khusus yang juga membantu membangun atmosfer seram.

Mrs. Mullins tokoh ibu di Annabelle: Creation juga dicirikan dengan deting lonceng khasnya, lho! Menambah kengerian yang ada di rumah terkutuk keluarga Mullins.

4. Sama-sama memanfaatkan penggunaan lagu lawas dan piringan hitam untuk memperkuat aura horor.



 Di film Pengabdi Setan, piringan hitam alias vinyl punya peranan cukup banyak di layar. Mulai dari menambah pekatnya suasana seram, sampai menjadi alat penting dalam mengungkap plot cerita.

Sementara itu di berbagai film dalam The Conjuring Series, piringan hitam kerap dipakai juga untuk tujuan serupa. Lagu-lagu yang diputar dari vinyl ini biasanya membekas di ingatan penonton contohnya “You’re My Sunshine” dari Johnny Cash.

5. Komponen teror berupa foto seram di ujung koridor rumah juga mengingatkan pada scene di film The Conjuring.



Kita semua harus sepakat bahwa lukisan atau potret seseorang memang punya potensi untuk jadi hal mengerikan. Apalagi jika diletakkan di ujung koridor gelap dan kemudian menjelma jadi sosok mengerikan. Scene foto “Ibu” dan lukisan Valak ini misalnya…

6. Petak umpet di rumah dengan mengetuk dinding versus bertepuk tangan.



Salah satu bagian yang paling memorable dari film Pengabdi Setan adalah ketika Ian si bungsu bermain petak umpet di rumah bersama sang nenek. Adegan ini sedikit banyak mengajak penikmat film horor untuk mengingat bagian legendaris di film The Conjuring.

Kedua petak umpet ini sama-sama menggunakan unsur “membuat bunyi agar bisa ditemukan” yang satu bertepuk tangan, yang lain mengetuk dinding.

7. Seprai putih polos yang mengambil wujud gaib masih segar dalam ingatan penikmat Annabelle: Creation.



Siapa bilang teror ‘hantu’ seprai putih gak serem? Buktinya kamu tetap akan tercekat melihat salah satu bagian di film Pengabdi Setan yang menggunakan elemen ini. Namun, film The Conjuring dan Annabelle: Creation juga menggunakan formula yang sama dalam menghantui penontonnya.

Itulah tadi 7 momen film Pengabdi Setan yang Mengingatkan pada The Conjuring Series. Meski ada satu dua bagian yang mengingatkan dengan film horor lainnya, masing-masing tetap punya nilai istimewa sendiri. Pengabdi Setan bakal sukses menghantuimu hingga keluar dari bioskop. Jangan ngaku fans horor kalau belum menyaksikannya, yuk dukung perfilman tanah air.