Sejumlah Jalan Berpeluang Dialihkan

by

SUKOHARJO – Sejumlah ruas jalan milik Pemprov Jateng yang dialihstatuskan kepada Pemkab Sukoharjo dimungkinkan bisa terus bertambah. Saat ini, baru lima ruas jalan yang dikelola Pemkab. Menurut Kasi Jalan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jateng Wilayah Surakarta Purwanto, kelima ruas jalan yang dikelola Pemkab Sukoharjo, yakni Jenderal Sudirman, Slamet Riyadi, KH Samanhudi, Gatot Subroto, dan Jaksa Agung R Soeprapto. Dikatakan, jumlah itu bisa terus bertambah dalam beberapa tahun mendatang. “Bisa saja. Sangat mungkin peluang yang sama diputuskan beberapa tahun ke depan. Sementara lima ruas dulu,” katanya, Kamis (20/10).

Purwanto melanjutkan, lima ruas jalan yang diserahkan pengelolaannya pada Pemkab, kondisinya sudah bagus. Untuk itu perawatan terbilang mudah. Diperkirakan, paling cepat lima tahun ke depan, ada sejumlah jalan lain yang bisa dialihstatuskan dari Pemprov ke Pemkab. Namun, menurut dia, harus ada kajian terlebih dahulu. “Pasti ada kesepakatan bersama. Meski pengelolaan sekarang ada pada Pemkab, Pemprov juga membantu. Misalnya, pendanaan untuk pengaspalan,” ungkap dia.

Perawatan Maksimal

Dia menambahkan, ada juga jalan milik Pemkab yang dialihkan ke Pemprov, yakni Jalan Lingkar Timur di Kecamatan Bendosari. Jalur lintas Kota Makmur dengan Kabupaten Wonogiri itu akan dibeton secara bertahap tahun depan. Mengingat di kawasan itu, kondisi aspal mudah mengelupas. “Soalnya kondisi tanah labil,” terangnya.

Warga di Jalan Jenderal Sudirman, Wahyu (34), berharap pengalihan status kewenangan sejumlah jalur dari Pemprov ke Pemkab juga dibarengi dengan perawatan secara maksimal. Jangan sampai, menurut dia, kualitas jalan menurun. Apalagi kelima jalan itu berada di pusat kota. “Karena Pemkab secara penuh mengelola jalan Pemprov, maka harus lebih maksimal. Namun jalan perkampungan atau lingkungan jangan sampai kelupaan. Karena masih ada yang mengalami kerusakan,” ujar dia. (H80- 85)

loading...