Saluran di Jalan Veteran Mendesak Diperbaiki

by

SUKOHARJO – Kondisi drainase di Jalan Veteran di Kantor DPRD Sukoharjo ke barat mendesak untuk diperbaiki. Sebab, setiap kali hujan deras dipastikan terjadi genangan. Bahkan, genangan tersebut juga terjadi di Kantor DPRD. “Masalah drainase ini memang menjadi persoalan klasik.

Khususnya di sekitar Jalan Veteran dan Jalan Jenderal Sudirman dekat rumah dinas bupati,” ujar Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto.

Karena itu, pihaknya meminta agar perbaikan drainase tersebut menjadi prioritas utama. Terlebih, kawasan tersebut merupakan kawasan jantung kota Sukoharjo. Namun demikian, menurut Nurjayanto, persoalan utama adalah Kali Langsur. Sebab, Kali Langsur adalah muara dari drainase yang ada di sekitar Jalan Veteran. Karena itu, selama Kali Langsur belum dilakukan normalisasi, persoalan banjir, kemungkinan masih akan terjadi.

Belum Ada Kepastian

“Sampai hari ini, kami belum mendapat kepastian mengenai normalisasi Kali Langsur. Padahal ini yang selama ini menjadi penyebab utama banjir di kota,” tegas politikus PDIP ini.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Sukoharjo Suprapto mengakui, salah satu penyebab genangan di Jalan Veteran adalah drainase. Terlebih, air yang di sana tidak hanya berasal dari sisi timur, tetapi juga dari perkampungan yang ada di sekitar sana. Pihaknya beberapa waktu lalu sudah menyampaikan kondisi tersebut ke instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Kepala DPU Sukoharjo Suraji sejauh ini belum bisa dikonfirmasi mengenai hal itu. (H46-85)