Salah Satu Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

by
kecirit.com-atasi-rambut-beruban-di-usia-muda

kecirit.com – Tak sedikit masyarakat yang percaya jika uban menandakan tingkat stres seseorang. Bertambahnya beban stres diklaim membuat jumlah uban di rambut semakin banyak.

Lalu benarkah anggapan ini? Dr Tyler Cymet, pakar dari American Association of Colleges of Osteopathic Medicine mengatakan stres tidak menyebabkan munculnya yban di kepala. Semua orang secara genetik akan memiliki uban mulai usia 40 tahun.

“Namun stres berperan dalam mempercepat munculnya uban di kepala. Jika orang normal mulai muncul uban pada umur 40 tahun, mereka yang mengalami stres kronis biasanya memiliki uban lebih cepat, sekitar umur 30 atau 35 tahun,” tutur Dr Cymet, dikutip dari berbagai sumber, Senin (30/11/2015).

Dr Cymet menjelaskan ketika seseorang mengalami stres, sebagian besar bagian tubuh akan mengalami peradangan. Salah satu yang terpengaruh adalah melanocyte, sel yang memproduksi melanin.

Seperti diketahui, melanin merupakan pigmen yang berfungsi memberikan warna pada kulit dan rambut seseorang. Ketika stres menyerang, melanocyte akan mati dan gagal memproduksi melanin. Hasilnya, rambut yang semula berwarna hitam perlahan berubah menjadi abu-abu, silver lalu putih.

Khusus untuk rambut beruban saat usia muda, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun faktor genetik dianggap sebagai faktor tersering terjadinya uban pada usia muda. Seseorang yang memiliki orang tua atau kakek nenek yang mulai beruban di usia muda, kemungkinan akan mulai beruban lebih dini.

Faktor lainnya yang berperan adalah merokok dan minum alkohol. Kekurangan nutrisi yang dapat memengaruhi produksi melanin, misalnya protein, vitamin B12, zat besi dan tembaga dapat menjadi penyebab uban pada usia muda.

Gangguan saluran yang dapat menghambat penyerapan nutrisi juga dikatakan dapat membuat rambut seseorang beruban sejak muda. Anemia, penyakit kelenjar tiroid, kurangnya kadar hormon adrenokortikotopik, alfa MSH dan beta endorfin dapat berperan dalam terjadinya uban pada usia muda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *