RI & Prancis 'Sehati' Soal Kemerdekaan Palestina | kecirit.com

0
31


PT kecirit.com BERJANGKA – Prancis adalah salah satu negara yg turut mendukung kemerdekaan Palestina.

Bersama Indonesia, Prancis memiliki posisi sama dlm memperjuangkan kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua-negara (two-state solution).

“Kemerdekaan Palestina sangat tinggi dukungannya di berbagai forum internasional.’

“Kami selalu mengedepankan kepentingan Palestina.”

“Prancis jg demikian. Kami punya misi yg sama,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta.

Prancis merupakan negara tempat berlangsungnya Paris International Conference – konferensi yg membahas proses perdamaian Israel & Palestina.

Pembicaraan soal Palestina ini akan menjadi salah satu agenda yg dibahas dlm kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande ke Indonesia pada 29 Maret mendatang.

Kunjungan ini menjadi suatu pertemuan bersejarah, mengingat François Mitterrand adalah Presiden Prancis terakhir yg berkunjung ke Indonesia pada 1987.

Kunjungan Hollande ke Indonesia merupakan kesempatan yg baik bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral & kerja sama strategis (strategic partnership).

Selain membahas kemerdekaan Palestina, penguatan kerja sama yg akan difokuskan dlm kunjungannya kali ini, yaitu maritim & ekonomi kreatif.

Dukungan konkret Indonesia terhadap Palestina telah menjadi perhatian lama.

Beberapa bantuan telah diberikan, di antaranya meningkatkan pembangunan kapasitas (capacity building) & mendirikan rumah sakit.

Selain itu, tahun lalu Indonesia menempatkan Konsul Kehormatan pertama di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yg berkedudukan di Ramallah.

(Prz – PT kecirit.com Berjangka)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here