Raperda Perangkat Daerah Ditetapkan

by

GROBOGAN – Setelah melewati pembahasan di Panitia Khusus (Pansus) V, DPRD Grobogan menetapkan Raperda Perangkat Daerah, dalam Rapat Paripurna ke-24, Rabu (28/9) malam. DPRD menetapkan 29 SKPD di Kabupaten Grobogan, dengan penggolongan yang disesuaikan beban kerjanya.

Hal itu dilihat dari pasal 2 Raperda Perangkat Daerah yang telah disempurnakan. Dalam pasal tersebut dijelaskan jumlah SKPD, yaitu Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, 4 badan, 21 dinas, dan Satpol PP. Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto didampingi Sekertaris Dewan Pangkat Joko Widodo, kemarin. Perubahan yang telah ditetapkan, beberapa di antaranya adalah penggabungan kembali Dinas Arsip dengan Perpustakaan Daerah, dan Dinas Pemadam Kebakaran dengan Dinas Penanggulangan Bencana Daerah.

Lebih Sedikit

Dalam raperda tersebut, penggolongan SKPD menjadi tipe A, tipe B, dan tipe C. Untuk tipe Aterdapat 17 SKPD. Adapun tipe B, ada sembilan SKPD. Sementara tipe C, ada tiga SKPD. Dengan penetapan 29 SKPD tersebut, berarti jumlah yang disetujui lebih sedikit dari yang diusulkan. Sebelumnya, Bupati mengusulkan 31 SKPD untuk ditetapkan dalam Raperda tentang perangkat daerah.

Adapun yang diusulkan, yakni Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, 4 badan, 22 dinas, Satpol PP, dan RSUD. Sebanyak 31 SKPD tersebut, telah ditentukan menjadi tiga tipe, sesuai penilaian beban kerjanya. ”Dasar pembentukan perangkat daerah, yaitu adanya urusan pemerintahan yang diserahkan kepada daerah. Urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar, sebanyak enam urusan dan pelayanan 18 urusan,” kata Bupati. (zul-63)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *