Raih 169 Emas, Jabar Juara Umum Peparnas XV

by
foto: istimewa

foto: istimewa

BANDUNG, kecirit.com – Kontingen Jabar tampil sebagai juara umum Peparnas XV/2016. Koleksi emas tuan rumah tak mungkin lagi terkejar dengan jumlah yang menyakinkan.

Hingga Sabtu (22/10) pukul 18.40 WIB, Jabar mengumpulkan 169 emas. Selisihnya sampai 100 keping dibanding Jateng di peringkat kedua dengan meraih 68 emas.

Di peringkat ketiga terjadi pergeseran. Sumut bersama Riau merangsek ke posisi tiga dan empat masing-masing dengan 36 emas dan 35 emas. Papua yang sebelumnya berada di tiga besar sejak pembukaan tergeser ke posisi lima lewat kumpulan 34 emas.

Pencapaian medali emas Jabar, kata Jubir Perpanas XV Dani Ramdan, meraih 29 persen dari total medali emas yang diperebutkan yakni sebanyak 605 keping. Persentase tersebut bahkan melebihi kesuksesan Kontingen Jabar pada PON XIX
dengan porsi sebanyak 28 persen dari 756 emas.”Kesuksesan Kontingen Jabar di Peparnas berasal dari 10 cabor di antaranya atletik dan renang,” katanya.

Di luar itu, PB Peparnas mencatat rekor yang berhasil dipecahkan atlet mencapai 106 kejadian. Rinciannya Rekor Peparnas 78 kali, 27 rekor Paragames, dan satu rekor Paralimpik.

Jateng yang berada di peringkat kedua hanya memperoleh 12 persen total medali. Jateng merupakan juara umum lima kali Peparnas.

Dari jumlah tersebut, empat di antaranya disumbangkan atlet panahan. Mereka adalah Tutik Yumiati, Sugiyo (compound), Dio Prastyanto dan beregu Anggita Arief Wirawan, Dio, dan Kasim (beregu nasional).

Manajer Agus Ristanto menyebut tersebut meleset dari target sebanyak lima keping. Ini dipengaruhi dua nomor yang tak dipertandingkan compound dan nasional duduk.”Terlepas dari hal tersebut, kekuatan lawan sudah merata. Ini merupakan
hasil terbaik yang bisa dipersembahkan,” katanya.
(Setyadi Dwi/CN40/SM Network)