Purbalingga Islamic Center Dilengkapi 12 Bangunan

by
foto: ISTIMEWA

foto: ISTIMEWA

PURBALINGGA, kecirit.com – Kompleks Purbalingga Islamic Center (PIC) nantinya akan dilengkapi 12 bangunan. Bangunan itu antara lain adalah miniatur Kabah, miniatur Masjidil Haram beserta mighrabnya.

Kemudian maktab, terowongan Mina, Muzdalifah, Padang Arafah, sai Safa dan Marwah, Raudhoh. Ada juga gedung pengelola, gedung IPHI, MUI, dan gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), ruang konferensi.

”Pendirian PIC merupakan visi Purbalingga yang mandiri, berdaya saing, menuju masyarakat yang sejahtera berakhlakul kharimah,” kata Bupati Tasdi.

Menurut Bupati, dengan dukungan dari Ketua DPRD beserta anggotannya, untuk lima tahun ke depan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 ada hal khusus dalam bidang keagamaan.

Di samping meningkatkan kegiatan-kegiatan syiar Islam melalui subuh berjamaah keliling, istighosah, pihaknya juga akan membangun sarana fisiknya, salah satunya PIC.

”Nantinya tempat tersebut bisa untuk wisata edukasi bagi masyarakat Purbalingga. Selain untuk latihan haji dan umrah, juga untuk wisata edukasi,” jelasnya.

Bupati mengatakan, PIC akan dibangun di Kelurahan Karangmanyar dengan luas lahan 4,5 hektar. PIC dibangun secara bertahap dan akan dimulai tahun 2017 dengan jangka waktu pembangunan selama tiga tahun.

Harapannya, PIC akan menjadi tempat wisata religius. Sehingga di Purbalingga selain Owabong dan Goa Lawa, Pemkab juga memiliki obyek wisata relijius.

Bupati mengatakan, nantinya anak-anak mulai dari TK, SD, SMP supaya belajar haji, agar tahu bagaimana dan seperti apa pelaksanaan ibadah haji.

Sedangkan pengelolaan PIC diserahkan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT). PIC juga untuk kegiatan ibadah haji seperti pemberangkatan dan manasik haji juga Ramadhan Fair.

(Arief Noegroho/CN34/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *