PSS Butuh Lima Kali Latih Tanding

by
Foto: kecirit.com / Dananjoyo Kusumo

Foto: kecirit.com / Dananjoyo Kusumo

SLEMAN, kecirit.com– Setidaknya lima kali laga latih tanding masih dibutuhkan PSS Sleman sebagai persiapan turun di kompetisi Liga 2. Rinciannya uji coba itu dilakukan melawan tim setara atau tim yang levelnya di atas skuat Super Elang Jawa.

“PSS butuh lima kali uji coba lagi dengan tim satu level atau di atas PSS. Program ini buat bikin tim makin mantap dalam taktik atau strategi. Pertandingannya kalau bisa kandang dan tandang. Kami butuh main di kandang lawan untuk membentuk mental pemain,” pelatih PSS Freddy Muli, Senin (13/3).

Porsi kandang dan tandang sendiri lebih lanjut akan disesuaikan setelah berkomunikasi lebih lanjut dengan manajemen. PSS memang butuh uji coba di kandang lawan mengingat selama ditangani Freddy Muli dan mengikuti Piala Presiden, semua pertandingan digelar di depan ribuan pendukung sendiri di Maguwoharjo International Stadium (MIS) Sleman.

Jika tidak dilatih bermain di kandang lawan, Freddy khawatir kondisi psikologis pemain tak seimbang. Apalagi di Liga 2 nanti diprediksi akan berjalan ketat dengan musim panjang mengingat banyaknya klub yang jadi peserta.

“Harus ada pertandingan kandang. Tim tidak boleh merasakan selalu nyaman karena bertanding di depan fans sendiri. Kalau di tandang, itu artinya kami belajar mengelola psikologis tim ketika berada di bawah tekanan,” papar pemilik lisensi A AFC itu.

Di luar itu, Freddy mulai berhati-hati dalam menggelar latihan lantaran tiga pemainnya sudah mendapat cedera. Ketiganya yakni Mahadirga Lasut, Arie Sandy, dan Angga Setiawan. Dirga dan Arie Sandy mendapat cedera usai berlatih tanding dengan tim UNY di Stadion Tridadi, pertengahan pekan lalu.

“Mereka masih ikut latihan tapi kami pisah karena masih dalam tahap penyembuhan. Sebenarnya bisa saja ikut latihan bersama pemain lain, tapi kami tidak mau mengambil risiko dengan cedera mereka. Tim ini disusun untuk jangka panjang dan kami tidak mau ada yang cedera panjang,” tambah dia.

(Gading Persada / CN26)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *