Propam Mendadak Sidak Polsek Sumpang

0
32
SURAT-SURAT: Personel Seksi Propam Polres Tegal Kota saat memeriksa kelengkapan surat-surat Kapolsekta Sumpang Kompol Agus Endro Wibowo dan personel lainnya, Rabu (28/9).(kecirit.com/ Riyono Toepra)

SURAT-SURAT: Personel Seksi Propam Polres Tegal Kota saat memeriksa kelengkapan surat-surat Kapolsekta Sumpang Kompol Agus Endro Wibowo dan personel lainnya, Rabu (28/9).(kecirit.com/ Riyono Toepra)

TEGAL, kecirit.com – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Tegal Kota secara mendadak melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Polsek Sumurpanggang (Sumpang), Rabu (28/9). Sidak tersebut cukup mengagetkan sejumlah personel markas kepolisian tersebut. Apalagi mereka tidak hanya diperiksa kelengkapan surat-suratnya. Mulai STNK, KTP, dan KTA hingga kelengkapan seragam dinas sehari-hari serta kerapiannya.”Ya ini memang mendadak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Saya mau gelar tes urine untuk seluruh personel Polsek Sumpang. Termasuk pula Kapolsek, Wakapolsek dan seluruh perwira,” terang Kasi Propam Polres Tegal Kota Ipda Bambang Gatot, didampingi sejumlah personel propam lainnya.

Kapolsek Sumpang Kompol Agus Endro Wibowo yang menerima perintah itu, langsung memanggil seluruh personelnya untuk berkumpul di Mapolsek. Yakni agar tes urine segera dapat dilaksanakan.

Setelah seluruh personelnya dapat dikumpulkan, Kasi Propam dan personelnya memeriksa kelengkapan surat-suratnya. Termasuk kendaraan dinas dan pribadi yang digunakan untuk tugas sehari-hari.

Hal menarik dalam sidak tersebut, ketika satu persatu personel markas kepolisian di tingkat kecamatan atau sektor, diperiksa penampilannya. Mulai kerapian pakaian dinas, sepatu, sabuk, topi atau atribut lainnya, dan senjata api yang digunakan.”Jenggot, jambang dan rambut di kepala juga harus rapi. Karena penampilan atau sosok seorang personel Polri ada aturannya. Tidak boleh gondrong sembarangan atau tanpa maksud yang jelas. Semua sudah diatur,” ucap Ipda Bambang Gatot.

Setelah pemeriksaan surat-surat dan penampilan, baru dilakukan tes urine. Pemeriksaan menyeluruh hingga tes urine, kata dia, mendasari surat telegram Kapolda Jateng tentang Penegakan Ketertiban dan Disiplin dengan sasaran kehadiran anggota, senjata api (Senpi), seragam polisi (Gampol), dan kelengkapan administrasi personel. Termasuk upaya untuk mencegah dan memberantas peredaran Narkoba di instansi Polri melalui test urine.

Untuk tes urine, Seksi Propam hanya mengawasi. Karena yang memeriksa adalah Tim Kesehatan Polres Tegal Kota yang dipimpin Kepala Urusan Kesehatan (Paurkes) Polres Tegal Kota dokter Henny Ismaiwati dan sejumlah anggotanya.

Dari 42 personel Polsek Sumpang termasuk Kapolseknya, yang dites urine, tidak ada indikasi mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya. Padahal bila sampai ada yang terindikasi narkoba, akan dilakukan pembinaan hingga sangsi keras.

Pihaknya dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, akan menggelar sidak dan tes urine di polsek lainnya. Juga kesatuan dan fungsi yang ada di jajaran Polres Tegal Kota.
(Riyono Toepra/ CN40/ SM Network)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here