Program Kerja Kadin Jateng Jadi Percontohan

by
Kukrit Suryo Wicaksono. (kecirit.com/ dok)

Kukrit Suryo Wicaksono. (kecirit.com/ dok)

SEMARANG, kecirit.com – Program kerja Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menjadi percontohan Kadin Indonesia. Program tersebut yakni Edukadin dan portal Getasean.com. Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryowicaksono mengatakan, program-program itu mampu meningkatkan geliat bisnis di kalangan pengusaha.”Kadin Indonesia menjadikan program tersebut sebagai proyek percontohan untuk dikembangkan,” ungkap Kukrit di Semarang, Rabu (26/10).

Ia menjelaskan, Kadin membentuk Edukadin untuk memberi pelatihan kewirausahaan bagi kalangan UMKM dan UKM di Jawa Tengah. Program-program pendidikan yang ditawarkan lewat Edukadin terbuka bagi masyarakat umum dan mengangkat berbagai tema.”Edukasi ini penting bagi pengusaha, apalagi di era persaingan global masyarakat ekonomi ASEAN ini,” tuturnya.

Sementara portal Getasean.com merupakan program e-commerce yang digagas Kadin Jateng dan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015 lalu. Portal ini, menurut Kukrit, menawarkan kemudahan dan keamanan bagi pelaku UMKM dan UKM melakukan ekspansi pasar ke luar negeri.

“Semua fasilitas telah disiapkan, mulai dari sistem keamanan pembayaran, pengiriman maupun asuransi produk. Targetnya, melalui portal Getasean.com bisnis mereka makin bertambah besar,” katanya.

Ia menambahkan program tersebut akan dikembangkan seluruh Kadin Indonesia Wilayah Tengah yang meliputi, Jawa, Bali dan Kalimantan. Pada kesempatan tersebut untuk keberlanjutan program-program lainnya, Kadin Jawa Tengah juga melakukan kerja sama dengan Kadin DKI Jakarta. Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan langsung oleh Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono dan Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Eddy Kuntadi.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kelembagaan Kadin Jateng, Mulyono Hadi Pranoto mengatakan, Kadin Jateng dan Kadin DKI Jakarta akan melakukan kerja sama dalam pengembangan ekonomi dan potensi daerah.”Kami akan mengintensifkan kerja sama serta komunikasi dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Adapun sektor yang akan digarap meliputi, bidang ekonomi kreatif, perdagangan, dan pariwisata sesuai potensi daerah masing-masing,” katanya.
(Anggun Puspita/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *