Presiden Jokowi Lantik UKP-PIP, Ini Harapan Nahdlatul Ulama

by

kecirit.com – Presiden Jokowi Lantik UKP-PIP, Ini Harapan Nahdlatul Ulama

kecirit.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Dewan Pengarah dan Eksekutif Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj yang menjadi Dewan Pengarah UKP-PIP, mengungkapkan harapannya atas kinerja Unit Kerja Kepresidenan ini.

Kata dia, UKP-PIP diharapkan dapat mendorong pembelajaran yang segar dan kongkret atas nilai-nilai Pancasila, di tengah benturan ideologi di Indonesia, UKP-PIP memiliki peran strategis untuk mengkampanyekan Pancasila dalam perspektif kekinian.

“Selama ini, bangsa Indonesia telah mendapat tantangan yang demikian besar, khususnya dalam prinsip dan ideologi berbangsa,” kata Kiai Said, Rabu (7/6/2017).

Oleh karena itu, ia meminta warga Indonesia harus memahami kembali Pancasila dalam perspektif yang segar, kontekstual.

“NU sejak awal, konsisten merawat dan menjaga Pancasila,” pungkasnya.

kecirit.com – Sementara itu, Ketua Umum Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, M. Nabil Haroen menyatakan, UKP-PIP merupakan harapan besar untuk menjaga Pancasila.

“NU telah membuktikan, dalam segenap narasi sejarahnya, betapa warga Nahdliyyin konsisten menjaga Pancasila, sebagai ideologi negara dan prinsip kebangsaan. Bahkan, NU jelas membangun jembatan antara nilai-nilai Islam dan Pancasila, yang harmonis dan kontekstual,” jelas Nabil.

“Untuk sekarang ini, Pancasila harus menjadi prinsip kebangsaan di tengah ancaman ideologi transnasional,” sambungnya.

Nabil menambahkan, untuk sekarang, UKP-PIP dapat mengembangkan program internalisasi Pancasila yang lebih kontekstual.

“UKP-PIP harus didorong menjadi unit kerja yang memiliki peran signifikan menguatkan, mengkampanyekan Pancasila agar lebih segar. Seraya, menyiapkan strategi membendung ideologi transnasional yang mengancam negeri ini. Tapi, jangan sampai Pancasila hanya sebagai stempel, harus ada pemaknaan dan program relevan yang terstruktur dan terkoneksi dengan ormas-ormas di negeri ini,” harapnya.

Nahdlatul Ulama, selama ini menjadi organisasi kemasyarakatan yang paling konsisten merawat Pancasila, ketika ideologi negara ini mengalami ancaman sepanjang sejarah bangsa

Berikut sejumlah tokoh yang dilantik Presiden Jokowi menjadi Dewan Pengarah UKP-PIP, yakni: Megawati Soekarno Putri, Try Sutrisno, Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, Prof.Dr.Syafii Ma’arif, Prof. Dr. Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya.

Baca Juga “Berikut Tokoh Agama yang Dilantik Jokowi Jadi Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila”

kecirit.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah tokoh agama menjadi Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP)‎. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Tokoh agama yang dilantik yakni Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, mantan Ketua PP Muhamadiyah Syafi’i Ma’arif, dan Pendeta Andreas ‎Anangguru Yewangoe,

Sementara itu tokoh nasional lainnya yakni Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri‎, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, pakar hukum tata negara sekaligus mantan Ketua MK Mahfud MD, dan Mayjen TNI (Pur) Wisnu Baya Tenaya, dan Sudhamek.

Berdasarkan pantauan di Istana, Rabu (7/6/2017) nama-nama tersebut dibacakan oleh ‎petugas protokoler Istana. Adapun Kepala UKP-PIP yang ditunjuk adalah Peneliti Pusat Studi Islam, Yudi Latief. Pelantikan kesembilannya berdasarkan Keppres Nomor 31/M/2017 tentang pengangkatan pengarah dan Ketua UKP-PIP.

Pelantikan dihadiri sejumlah menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga. Mereka adalah Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharini, serta Menteri Sekreratis Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sementara pimpinan lembaga yang hadir adalah Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Hadir juga Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Ketua Bekraf Triawan Munaf, Ketua MA Hatta Ali, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua MK Arief Hidayat, serta Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan.

Sementara dari unsur partai yang hadir adalah Ketua Umum PPP Romahurmuziy, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Pada kesempatan itu Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga turut hadir.

kecirit.com

The post Presiden Jokowi Lantik UKP-PIP, Ini Harapan Nahdlatul Ulama appeared first on .

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *