Presiden Jokowi Dan Ahok Dalam Upacara Kesaktian Pancasila Di Lubang Buaya

by
kecirit.com-Monumen-Pancasila-Sakti

kecirit.comPresiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015). Upacara dimulai pukul 08.00 WIB.

Jokowi memasuki lapangan upacara didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Upacara langsung dimulai ketika Jokowi memasuki lapangan upacara pada pukul 08.00 WIB.

Turut mendampingi Jokowi adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. Bertindak selaku komandan upacara adalah Kapolresta Depok Kombes Dwiyono.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila, dan Naskah Pembukaan UUD RI 1945 akan dibacakan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, sedangkan pembacaan naskah doa dilakukan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin.

Upacara ini dihadiri oleh hampir semua menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan. Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak hadir karena sedang melaksanakan tugas kenegaraan di luar negeri. Peserta upacara adalah personel gabungan TNI/Polri dan pelajar.

Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mantan Presiden Megawati tidak terlihat di lokasi upacara. Selain Mega, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga tidak tidak terlihat hadir.

Sementara itu dalam surat edaran 25 September 2015 itu, Mensesneg Pratikno mengumumkan pengibaran bendera setengah tiang pada 30 September 2015, dan pengibaran bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober 2015 pukul 06.00 WIB.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, para pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, para gubernur, bupati, dan walikota. Surat edaran juga dikirim kepada pimpinan BUMN/BUMD, kepala perwakilan RI di luar negeri.

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2015/10/01/08463301/Jokowi.Pimpin.Upacara.Hari.Kesaktian.Pancasila.di.Lubang.Buaya

http://news.detik.com/berita/3032513/zulfikli-hasan-hingga-ahok-hadir-di-upacara-bendera-kesaktian-pancasila