PLN Siap Pasok Kebutuhan Listrik Industri

by
Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) milik PLN yang dikelola oleh Pusat Penyaluran Pengatur Beban (P3B) menjadi penyuplai daya listrik ke gardu induk PLN Rembang.(kecirit.com/ Ilyas al-Musthofa)

Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) milik PLN yang dikelola oleh Pusat Penyaluran Pengatur Beban (P3B) menjadi penyuplai daya listrik ke gardu induk PLN Rembang.(kecirit.com/ Ilyas al-Musthofa)

SEMARANG, kecirit.com – PT PLN Distribusi Jateng dan DIY menyatakan kesiapannya memasok kebutuhan listrik sejumlah industri yang akan dibangun di provinsi Jawa Tengah.

“PLN siap memasok kebutuhan listrik beberapa industri yang akan dibangun di Jateng. Berapapun yang mereka minta kami siap untuk mendistribusikan listrik. Sebab, pelanggan industri selama ini memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi,” tutur General Manager PT PLN Distribusi Jateng dan DIY Dwi Kusnanto saat Peringatan Hari Listrik di kantor PLN Distribusi Jateng-DIY Jalan Teuku Umar, Jumat (30/9).

Dwi menuturkan, PLN telah menandatangani kontrak kerja sama penyaluran listrik kepada sejumlah industri besar. Antara lain, PT Semen Indonesia yang akan membuka pabriknya yakni sebesar 35 Mega Watt (MW). Kemudian PT Smart di Purwokerto sebesar 35 MW dan PT Rayon Utama di Solo sebesar 35 Mega Volt Ampere (MVA) dan 15 MVA.

Selain itu, permintaan sambung baru juga datang dari Kawasan Industri Kendal (KIK). Penyaluran listrik tersebut terbagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama yakni 5 MW yang selesai di tahun ini dan secara berkala sampai 50 MW.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik industri, PLN mengandalkan pasokan listrik dari PLTU Cilacap 650 MW, Adipala 650 MW. Total ada sekitar 1.300 MW yang siap mensuplai listrik di tahun 2016 ini. PLN juga memperoleh daya dari jaringan interkoneksi Jawa-Bali sebesar 500 KV. Terdiri dari tiga subsistem. Yaitu subsistem Ungaran, Pedan dan Tanjungjati.

“Jaringan listrik masih cukup handal untuk mencukupi kebutuhan pelanggan,” katanya.

Pihaknya optimistis PLN dapat mewujudkan proyek pembangunan pembangkit 35 ribu MW ke seluruh Indonesia dan sebanyak 6 ribu MW di Jateng-DIY. Tercatat, jumlah pelanggan Jateng-DIY lebih dari 10 juta. Sebanyak 93% merupakan pelanggan rumah tangga dan 7% industri, layanan publik dan sosial.

(Fista Novianti/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *