PKK Kota Pekalongan Masuk Enam Besar

by

PEKALONGAN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kota Pekalongan berhasil masuk nominasi enam besar dalam Lomba PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam lomba ini, TP PKK Kota Pekalongan lolos di tiga kategori.

Ketiga kategori tersebut yakni Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Selain itu, Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

Hal tersebut dipaparkan Tim Pokja IVTPPKK Provinsi Jawa Tengah Yati Buntarno saat melakukan penilaian Lomba PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Jetayu Setda, Selasa (27/9). Dijelaskan dia, pada lomba ini, ada 20 kabupaten/ kota yang mengirimkan berkas lomba.

Terus Berbenah

Dari 20 berkas tersebut kemudian diseleksi sehingga mengerucut enam besar. Selain Kota Pekalongan, lima kabupaten lain yang masuk nominasi enam besar yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Pati, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Demak. ”Kota Pekalongan menjadi kota satu-satunya yang mengirimkan berkas dalam lomba ini,” terangnya.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Ratna Sofia berharap TP PKK Kota Pekalongan bisa meraih juara tiga kategori tersebut. ”Semoga bisa menang. Karena kami sudah semaksimal mungkin berusaha agar TP PKK Kota Pekalongan bisa menjadi juara di tiga kategori ini,” harapnya. Masuknya TP PKK Kota Pekalongan dalam enam besar lomba tersebut, kata dia, akan dijadikan sebagai penyemangat agar terus berbenah.

Pada kesempatan itu, dia juga berpesan kepada kader PKK untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara berkelanjutan. ”Harapan kami, pola hidup bersih dan sehat ini tidak hanya diterapkan pada saat akan ada lomba saja. Tetapi diterapkan sepanjang masa. Sehingga jiwa sewaktu-waktu ada lomba, sudah siap,” pesannya.

Setelah itu, tim penilaian melakukan penilaian langsung di tiga lokasi sesuai kategori. Yakni di Kelurahan Tirto untuk kategori LBS dan di Kelurahan Setono untuk kagegori PHBS. Adapun penilaian untuk kategori Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dilakukan di Kelurahan Pasirkratonkramat. (K30-60)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *