PIP Cair, BSM Provinsi Belum

0
14

PURWOKERTO – Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) jenjang SMA/SMK di Kabupaten Banyumas yang bersumber dari APBD I Provinsi Jateng, hingga sekarang belum cair. Padahal dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sudah cair terlebih dulu. Demikian pula dengan dana bantuan Kartu Banyumas Pintar (KBP) juga segera cair.

Kasi Pengendalian Mutu Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kusyanto, kemarin, mengatakan dana BSM yang berasal dari APBD I tersebut sudah ada dan masuk ke kas daerah. Kendati demikian, dana ini belum dapat disalurkan lantaran masih menunggu penetapan APBD Perubahan. ”Informasinya masih menunggu proses pengesahan APBD Perubahan.

Bila itu sudah selesai, kemungkinan dana BSM dari provinsi ini bisa segera disalurkan kepada siswa miskin yang berhak menerima,” jelas dia. Dia mengatakan, jumlah siswa yang diusulkan untuk menerima dana bantuan ini sebanyak 868 siswa. Mereka berasal dari jenjang SMA dan SMK. Setiap siswa akan menerima dana sebesar Rp 1 juta.

Dengan begitu, total dana yang dibutuhkan untuk pembayaran BSM mencapai sebesar Rp 868 juta. Sementara penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk jenjang SMA/SMK sedang berjalan. Penyaluran PIP untuk jenjang SMK sudah sampai pada tahap 8, sedangkan jenjang SMA baru sampai tahap 5.

”Penyaluran dana PIP jenjang SMK memang lebih cepat dibandingkan dengan jenjang SMA. Kendati demikian, Kemendikbud akan segera memberitahukan bila dana bantuan bagi siswa miskin jenjang SMA tersebut sudah siap disalurkan,” tambah dia.

Selain itu, Kusyanto, mengimbau bagi sekolah untuk segera melakukan rekapitulasi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pasalnya hasil rekapitulasi ini penting, sebab akan digunakan dalam proses penyaluran dana PIP untuk tahap berikutnya.(H48-45)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here