Pilkada Brebes, Suswono-Musttaqin Siapkan Enam Konsultan Hukum

by
Foto: Twitter

Foto: Twitter

BREBES, kecirit.com – Suhu politik menjelang Pilkada Brebes tahun 2017 mendatang semakin memanas. Pasangan calon Suswono-Akhmad Musttaqin setelah resmi mendapatkan nomor urut, kini telah menyiapkan tim khusus konsultan hukum. Tim yang beranggotakan 6 pengacara senior dari Jakarta itu, dipersiapkan untuk memantau dugaan terjadinya pelanggaran selama proses Pilkada di Kota Bawang tersebut.

“Kami sudah siapkan tim konsultan hukum yang beranggotakan 6 pengacara senior dari Jakarta, di bawah koordinator Dr Eggi Sudjana dan salah satu anggotanya adalah Dr Syafrudin yang juga mantan Jaksa,” ujar Calon Bupati Suswono, usai pengundian nomor urut yang dilaksanakan KPU Brebes, kemarin.

Dia mengatakan, tim itu nantinya akan melakukan pengawasan proses setiap tahapan Pilkada Brebes 2017 mendatang. Pihaknya mempunyai kekhawatiran pada Pilkada nanti dinodai dengan pengerahaan PNS. Untuk itu, pihaknya meminta dan berharap PNS di Brebes bersikap netral.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, ada indikasi tekanan kepada kepala desa. Ini diketahui karena banyak kepala desa yang melaporkan ke saya. Camat-camat ikut mengumpulkan kepada desa di satu tempat yang sudah disepakati sebelumnya,” ungkap mantan Menteri Pertanian tersebut.

Menurut dia, pihaknya tidak akan segan-segan untuk melaporkan temuan pelanggaran pilkada, termasuk jika ditemukan juga keterlibatan PNS yang tidak netral. “Jika itu ditemukan, kami tidak segan-segan melaporkan kepada pengawas pemilu. Bahkan, akan melanjutkan hingga ke proses hukum. Salah satu contoh, kami melaporkan keterlibatan PNS saat pendaftaran calon lalu,” ujarnya.

Koordinator Konsultan Hukum Paslon Suswono-Musttaqin, Dr Eggi Sudjana mensinyalir ada potensi kecurangan dan pelanggaran hukum yang terjadi dalam Pilkada serentak 2017 di Kabupaten Brebes.  Ia juga mengaku mendengar adanya dugaan bagi mahar politik yang nilainya besar di kalangan elit-elit partai.
(Bayu Setiawan/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)