Petugas Gabungan Razia Lapas Pekalongan

0
12

PEKALONGAN -Dua ratus personel tim gabungan terdiri atas petugas Rutan Batang, Pekalongan, Lapas Pekalongan, dan Polres Pekalongan menggelar razia di kamar tahanan Lapas Kelas IIAPekalongan, belum lama ini.

Razia yang dimulai pukul 21.45 itu terbagi dalam tiga regu. Tiap regu menyisir di tiga blok kamar tahanan untuk mencari keberadaan barang terlarang, yaitu narkoba, senjata tajam, dan barang berbahaya lain.

Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan M Hilal menegaskan, ini bukan razia biasa melainkan operasi gabungan dengan terkoordinasi dan bertujuan membersihkan narkoba dari Lapas Kelas IIA Pekalongan.

Pembersihan Lapas Kelas IIA dari narkoba, ungkapnya, sudah menjadi komitmen bersama sehingga itu dia buktikan dengan upaya-upaya bersama Polri. ”Meskipun tim gabungan tidak menemukan ada narkoba, kami menyita sejumlah benda terlarang di dalam Lapas,” ungkap M Hilal didampingi Kapolres Pekalongan AKBPEnriko Sugiarto Silalahi.

Pihaknya menegaskan, temuan benda terlarang yang diamankan dari kamar tahanan meliputi sejumlah ponsel berbagai merek, charger, senjata tajam, korek api gas, pisau cukur, dan benda-benda terlarang lain.

Hilal melanjutkan, tidak ada insiden berarti saat dirazia, semua berjalan aman dan tertib dan para penghuni pun dalam keadaan tenang tidak ada reaksi apa pun. ”Terkait dngan penemuan sejumlah barang terlarang, seperti ponsel, kami akan cari tahu siapa termasuk memberi sanksi kepada siapa pun yang terlibat,” tegas Hilal.

Terkoordinasi Baik

Sementara itu Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiarto Silalahi membenarkan kegiatan razia telah terkoordinasi baik dengan Rutan dan Lapas.

Dia menyebutkan, didapat informasi dari luar ada pengaturan narkoba dari dalam Lapas, dan sudah dia buktikan bersama dengan tim bahwa hal tersebut tidak ada di Kota Pekalongan. Namun, dia menganggap hal tersebut sebagai langkah awal dan langkah seterusnya yang akan dilakukan untuk benarbenar Lapas ini tidak terjadi sarang narkoba dan benda-benda terlarang lain. (H63-47)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here