Pernak Pernik Liburan Ke Akihabara Jepang

by
kecirit.com-Akihabara-Tokyo

kecirit.com – Bagi para wisatawan asing di Jepang, Akihabara seperti tempat yang wajib dikunjungi. Di sana, mereka bisa berburu barang bebas pajak atau free tax, yang biasanya hanya bisa didapatkan di bandara internasional.

Akihabara berada di distrik Chiyoda ward, Tokyo, Jepang. Untuk menuju ke sana, bisa menumpang kereta menuju Stasiun Akihabara.

Di stasiun itu, perhatikan petunjuk jalan bertuliskan “Akihabara Electronic Town” atau dalam bahasa Jepang Akihabara Denki Gai.

Syukurnya, di sana papan petunjuk sangat membantu. Tentu saja tak lupa bantuan super helpful dari google map pada handphone.

Keluar dari stasiun, setelah mengikuti petunjuk tersebut, akan terlihat bangunan-bangunan yang rata-rata setinggi enam hingga 10 tingkat.

Di depan gedung-gedung tersebut berjejer barang dagangan untuk menarik pengunjung. Tidak terlupa terpajang tulisan “FREE TAX” dalam ukuran besar-besar.

Selain itu, di setiap gedung terpajang reklame gambar-gambar anime atau manga dalam ukuran “raksasa” atau nyaris menutupi badan gedung. Reklame-reklame itu menambah meriah kawasan belanja tersebut.

Buat pecinta komik, video games, gadget, dan komputer, kawasan Akihabara bagaikan “surga”. Harga miring, semua barang keren pun ada.

Ada juga, hmmm… toko seks toys. Di depan toko ada peringatan hanya yang berusia 18 tahun ke atas yang diperbolehkan masuk. Barang-barang yang dijual, tentu saja tak perlu diceritakan di sini, he-he-he…

Di dalam toko, pengunjung dilarang mengambil gambar. Khusus wanita, dilarang naik ke lantai 3 dan 4. Sebab di lantai tersebut merupakan bagian alat-alat pria.

Kembali ke toko-toko di kawasan tersebut, banyak orang tampak wara-wiri berkunjung dari toko satu ke toko lainnya. Tentu saja, itu dilakukan untuk membandingkan harga.

Jika pintar melihat-lihat, wisawatan yang berniat belanja bisa mendapatkan harga miring, bukan sekadar free tax.

Misalnya di salah satu toko yang menjual jam Casio. Kisaran harganya untuk jenis G-Shock antara 12.000 yen hingga 90.000 yen. Sementara di toko lainnya, menjual jam serupa dengan diskon 30 persen, plus bebas pajak sebesar 8 persen untuk pembelian di atas 10.000 yen untuk barang elektronik, dan 5.000+1 yen untuk makanan kecil seperti cokelat KitKat.

Untuk mendapatkan free tax tersebut, wisatawan asing diwajibkan menyertai paspor. Selain itu, jika mau mendapatkan potongan harga lagi, pembelian bisa menggunakan kartu kredit tertentu seperti Visa, Diners Club atau American Express. Semua potongan langsung terjadi saat pembelian, bukan di bandara seperti di Singapura.

Yang menarik lagi adalah penjualan handphone high end bekas dengan harga yang membuat kantong senang. Beberapa toko saling berdampingan khusus menjual gadget-gadget itu.

Lebih menyenangkan lagi, penjual sangat ramah dan jujur menceritakan mengenai kondisi handphone-handphone bekas itu kepada calon pembeli.

Misalnya, jika ada cacat di bagian bazel, penjual akan mengatakannya. Malah mereka akan memberikan rekomendasi barang yang masih gres, meski bekas.

Harga gadget di setiap toko cukup bersaing. Harga iPhone 5 berkisar di atas 50.000 yen, sedangkan iPhone 6 di atas 60.000 yen.

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *