Perempuan di Banyumas Canangkan Anti Korupsi

by
Anggota Tim Penggerak PKK Banyumas mengepalkan tangan tanda salam pencanangan Geraka Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (GN SPAK). (kecirit.com/ Agus Wahyudi)

Anggota Tim Penggerak PKK Banyumas mengepalkan tangan tanda salam pencanangan Geraka Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (GN SPAK). (kecirit.com/ Agus Wahyudi)

PURWOKERTO, kecirit.com – Komitmen untuk ikut mencegah dan memerangi praktik korupsi ditunjukan kaum perempuan di Banyumas yang tergabung dalam Tim Pengerak PKK kabupaten. Tim PKK ini kebanyakan beranggotakan istri para pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas.

Pencanangan dilakukan bersamaan sosialasi program nasional tersebut di Graha Satria Purwokerto, Kamis (9/3).  Simbolisasinya mengucapkan salam “Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) serta Saya Perempuan dan Pria Anti  Korupsi (SPPAK), Lihat Lawan Lapor”.

Ketua Tim Penggerak PKK Banyumas, Erna Husein mengatakan, pencanangan ini sebagai bentuk komitmen untuk mendukung Gerakan Nasional SPAK dan SPPAK yang sudah digulitkan oleh KPK.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak perempuan tangguh yang telah memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan. Sudah seharusnya, perjuangan itu dilanjutkan dengan membebaskan bangsa ini dari belenggu korupsi.

“Kami memandang gerakan nasional itu menjadi penting untuk mengoptimalkan peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat serta di pekerjaan sehingga lahir generasi antikorupsi di masa yang akan datang,” kata istri bupati ini.

Gerakan Nasional SPAK, nilai dia, mengaggap peran perempuan sangat penting dalam pencegahan korupsi, baik sebagai ibu, istri maupun sebagai anggota masyarakat. Karena itu, lanjut dia, KPK menggandeng PKK untuk ikut serta dalam gerakan itu.

Dengan pencanangan tersebut, Erna berharap para perempuan untuk ikut berpartisipasi dengan melindungi diri dari korupsi dengan cara menyebarluaskan pengetahuan, modus-modus dan peluang-peluang yang berpotensi korupsi serta konsekuensi hukumnya.

(Agus Wahyudi/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *