Perbaikan Jalan Manyaran-Gunungpati Selesai Akhir Tahun Ini

by
LONGSOR MELEBAR: Sejumlah kendaraan melintas di Jl Manyaran-Gunungpati di Kelurahan Pongangan yang longsor, Kamis (29/9).(kecirit.com/ Maulana M Fahmi)

LONGSOR MELEBAR: Sejumlah kendaraan melintas di Jl Manyaran-Gunungpati di Kelurahan Pongangan yang longsor, Kamis (29/9).(kecirit.com/ Maulana M Fahmi)

GUNUNGPATI, kecirit.com – Kondisi ruas Jalan Manyaran-Gunungpati di Kelurahan Pongangan yang longsor, akhirnya mulai diperbaiki. Warga setempat berharap, proses perbaikan bisa cepat selesai. Sebab ruas jalan itu menjadi jalur utama mereka untuk bepergian. Jalan tersebut juga merupakan jalur menuju Obyek Wisata Waduk Jatibarang, Goa Kreo, dan Desa Wisata Kandri.

Pantauan kecirit.com, hampir separuh ruas jalan itu, longsor. Dengan lebar sekitar 2,5 meter, panjang 20 meter, dan tinggi 10 meter. Warga dan para pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati agar tidak tergelicir dan jatuh ke jurang yang ada di tepi jalan. Sejumlah warga berinisiatif untuk mengatur arus lalu lintas dengan cara buka tutup jalan.

Taufik Hidayat (29), salah satu warga Kuwasen Rejo, Pongangan menuturkan, jalan itu longsor sudah sejak lama. Lebih dari setengah tahun. Mulanya, bagian jalan yang longsor tidak begitu lebar. Namun karena terus diterjang hujan, dan kondisi tanahnya labil, lama kelamaan meluas. Terlebih, juga terus dilewati truk pengangkut material arah Gunungpati menuju Semarang bawah.”Harapannya, cepat diperbaiki. Jalan itu merupakan jalur utama kami,” ujar dia.

Proses perbaikan mulai dilakukan pemerintah sejak pekan lalu dengan mengeruk tebing jalan yang longsor menggunakan eksavator. Selanjutnya membangun dinding penahan tanah penahan longsor.

Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang, Iswar Aminnudin menerangkan, perbaikan jalan tersebut dilaksanakan sedari 22 September lalu. Adapun anggarannya sebesar Rp 6.037.345.000,-. Pekerjaan jalan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Peningkatan Jalan Manyaran-Gunungpati, Tri Mardoko menerangkan, perbaikan jalan memakai konsep dinding penahan dengan beton bertulang untuk menahan longsor. Adapun saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 12 persen dan masuk tahap pengecoran kaki dinding penahan. Pelaksana proyek dilakukan oleh PT Semarang Multicons.
(Maulana M Fahmi/ CN40/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *