Peradi Sleman Usung Wadah Tunggal Advokat

by
Foto: istimewa

Foto: istimewa

SLEMAN, kecirit.com – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Sleman sampai saat ini masih solid menjaga keutuhan organisasi.

Untuk terus menjaga kekompakan itu, musyawarah cabang (muscab) ke-II yang diselenggarakan tanggal 12 November mendatang akan mengusung tema tentang pengukuhan advokat sebagai profesi terhormat (officum nobile) dengan mewujudkan wadah tunggal. Ketua panitia muscab, Pradnanda Berbudy mengungkapkan, pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi fakta perpecahan yang terjadi di tubuh organisasi advokat.

Sebagian mendukung asosiasi multibar, sementara lainnya lebih memilih konsep singlebar. “Perpecahan organisasi itu telah menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat yang ingin mencari keadilan. Jati diri dan kehormatan profesi advokat pun akhirnya dipertanyakan,” katanya, Senin (31/10).

Meski faktanya telah terjadi perpecahan, dia berharap manifestasi officium mobile dapat diwujudkan melalui kehadiran wadah tunggal. Mengingat organisasi advokat memiliki identitas filosofi yang sangat mendasar, seharusnya ada kesatuan yang kuat. Dalam UU advokat juga telah disinggung mengenai keberadaan wadah tunggal meski tidak disebutkan secara eksplisit. Karenanya, dia meminta advokat untuk menyadari pentingnya asosiasi singlebar.

“Wadah tunggal itu berguna untuk menjaga marwah profesi terhormat yang melekat pada advokat. Apalagi advokat memiliki peran penting dalam penegakan hukum di Indonesia,” tandasnya.

Dari sudut pandang lain, organisasi advokat merupakan representasi para pencari keadilan. Dengan adanya Peradi, masyarakat yang merasa terzolimi oleh oknum advokat dapat melapor ke organisasi.

Upaya pengawalan dari masyarakat itu relevan dengan kehormatan yang disandang advokat, agar harkat dan martabatnya tidak luntur. Ketua DPC Peradi Sleman periode 2011-2016, Gatot Murwahyudi menambahkan, jumlah anggotanya saat ini sebanyak 176 orang. Menjelang muscab, dia berpesan kepada pengurus baru nantinya untuk terus menjaga keutuhan organisasi.

(Amelia Hapsari/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *