Pengguna KA Daop 5 Mengeluh, Tarif Promo Tak Bisa Diakses

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

PURWOKERTO, kecirit.com – Seorang pengguna kereta api (KA) di wilayah Daop 5 Purwokerto mengeluh, program tiket promo KA yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka HUT Ke-71 Kereta Api tidak dapat diakses. Keluhan pengguna KA tersebut disampaikan melalui rubrik Njur Piye milik Suara Kedu-Suara Merdeka yang terbit pada Selasa, 27 September 2016 melalui nomor handphone 085225433735.

Dalam SMS keluhannya, dia menyampaikan, PT KAI mengumumkan secara online dan Suara Merdeka tentang tiket murah untuk pemesanan tanggal 24-29 September, pemberangkatan tanggal 27-29 September, dalam rangka HUT Ke-71 Kereta Api. “Saya mencoba memesan melalui telepon 121 maupun melalui aplikasi KAI access dan tiket.kereta-api.co.id sejak Sabtu (24/9) pukul 00.03 tidak ada yang bisa diakses. Promosinya sangat menggiurkan, semua tiket kereta api ditawarkan dengan harga promo Rp 28.945, ternyata tidak dapat diakses. Kalau alasan padat jaringan harusnya sudah diantisipasi oleh perusahaan.”

Saat dikonfirmasi, pengguna KA yang mengaku bernama Jono, dari Kebumen tersebut menyebutkan, memang dirinya sudah melakukan pemesanan berkali-kali pada tanggal 24 September dari pukul 00.03, namun tetap saja tidak bisa. Bahkan dirinya mencoba melakukan pemesanan lagi sekitar pukul 05.00, sayangnya tetap saja tidak bisa. “Saya berkali-kali melakukan pemesanan tetapi tidak bisa. Bahkan pukul 05.00 juga saya mencoba, tetapi tetap tidak bisa. Mungkin ini hanya ‘permainan’ saja,” ungkapnya singkat melalui telepon, Rabu (28/9).

Dikonfirmasi, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan tersebut terkait tidak bisa diaksesnya tiket promo seharga Rp 28.945 melalui Call Center 121, aplikasi KAI Access dan tiket.kereta-api.co.id. “Perlu kami sampaikan bahwa pada saat dibukanya pembelian per tanggal 24 September 2016 dini hari, memang peminat akan tiket promo begitu tinggi,” ungkapnya.

Jadi, lanjut dia, memungkinkan jaringan yang terpakai juga begitu padatnya, maka otomatis ada yang bisa mendapatkan dan ada yang tidak. Bahkan, sejumlah calon penumpang memang ada yang mengulang-ulang pemesanan dan akhirnya bisa dapat, mengingat tiket promo juga jumlahnya terbatas. Jadi sebelum masa berakhir promo tanggal 29 September 2016, untuk tiket promo sudah habis terjual.

“Sekali lagi kami sampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya dan terimakasih atas masukan dan perhatian dari bapak calon penumpang. Semoga ke depan bisa terlayani sesuai dengan harapan bapak calon penumpang. Terkait jumlah seat yang disediakan, mohon maaf juga karena jumlah secara detilnya kami termasuk Daop 1 sampai dengan 9 plus Sumatera tidak diberitahu, karena kewenangan Tim Markom Pusat,” terang dia.

Diberitakan sebelumnya, KA-KA yang melintas di Daop 5 Purwokerto dan terdapat tarif promo Rp 28.945 antara lain; KA Argo Wilis jurusan Surabaya Gubeng-Bandung pp, KA Argo Lawu jurusan Solo Balapan-Gambir pp, KA Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan-Gambir pp, KA Gajayana jurusan Malang-Gambir pp, KA Bima jurusan Malang-Gambir pp, KA Turangga jurusan Surabaya Gubeng-Bandung pp dan KA Taksaka jurusan Yogyakarta-Gambir pp.

Selain itu juga pada KA Malabar jurusan Malang-Bandung pp, KA Mutiara Selatan jurusan Surabaya Gubeng-Bandung pp, KA Senja Utama Solo jurusan Solo Balapan-Pasar Senen pp, KA Fajar Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasar Senen pp, KA Senja Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasar Senen pp, KA Jaka Tingkir jurusan Purwosari-Pasar Senen pp dan KA Bogowonto jurusan Lempuyangan-Pasar Senen pp.

KA lainnya juga seperti KA Gajahwong jurusan Lempuyangan– Pasar Senen pp, KA Krakatau jurusan Kediri-Merak pp, KA Progo jurusan Lempuyangan-Pasar Senen pp, KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir pp, KA Lodaya jurusan Solo Balapan-Bandung pp, KA Sawunggalih jurusan Kutoarjo-Pasar Senen pp, KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasar Senen pp dan Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang Tawang pp. (M Abdul Rohman/CN38/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *