Pengertian Norma Kebiasaan, Agama Dan Hukum

by
Pengertian Norma Kebiasaan, Agama dan Hukum – insan merupakan makhluk yang tidak sanggup hidup seorang diri, melainkan secara berkelompok dan saling berinteraksi antara insan yang satu dengan yang lainnya. Agar terjadi adanya keselarasan dalam berinteraksi dengan sesamanya dalam menjalankan kehidupannnya, perlu aturan-aturan yang sanggup dijadikan landasan oleh insan tersebut. Peraturan itu disebut norma.

Pengertian Norma Kebiasaan

Pengertian norma hukum merupakan salah satu bab norma yang peraturannya dibentuk negara atau pemerintah melalui forum pemerintah yang mempunyai hak untuk menciptakan peraturan tersebut. Peraturan ini dibentuk melalui proses panjang, melaksanakan musyawarah dengan banyak forum serta perwakilan-perwakilan rakyat, dan dilakukannya uji coba terhadap peraturan yang dibentuk tersebut. Apabila dirasa ada yang tidak pas, akan dilakukan perubahan atau amandemen. Norma aturan bersifat memaksa, peraturannya mengikat setiap lapisan yang menjadi masyarakat di negara tersebut. Norma aturan di tegakkan dan dipertahankan oleh instansi-instansi yang ditunjuk oleh pemerintah atau negara untuk menegakkan peraturan tersebut. Sumber norma aturan sanggup dberupa undang undang, HTN, yurisprudensi, perpres dll.

Keistimewaan norma aturan yaitu sifat norma aturan yang memaksa, apabila melanggar norma aturan akan mendapat hukuman berpa kurungan penjara, atau denda sesuai dengat beratnya pelanggaran tersebut.

Contoh norma aturan diantaranya:
1. Barang siapa yang melaksanakan pelecehan seksual atau melaksanakan persetubuhan secara paksa dengan wanita yang bukan istrinya akan mendapat eksekusi perjara selama-lamanya 12 tahun penjara.

2. Barang siapa yang dengan secara sengaja dan bersiklus membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain akan mendapat eksekusi penjara selama-lamanya 15 tahun penjara.

Pidana atau eksekusi sanggup berupa: pidana mati, pidana penjara, pidana kurungan, pidana denda, pidana tutupan, serta ada pidana embel-embel seperti: pencabutan hak-hak tertentu, perampasan barang, putusan hakim. Norma aturan dituang dalam berntuk goresan pena yang ditulis dalam kitab aturan atau undang-undang.

loading...