Pengelolaan Kube di Paduroso Dioptimalkan

by

PURWOREJO – Pemerintah Kelurahan Paduroso, Kecamatan Purworejo terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan kelompok usaha bersama (kube) di wilayahnya.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat ke arah ekonomi produktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Lurah Paduroso, Dwi Agung Nugraheni mengungkapkan, saat ini pihaknya terus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap lima kube binaanya.

Usaha yang dilakukan lima kube tersebut berbeda-beda, antara lain kube telur asin, kube ternak kambing, kube jasa persewaan panggung, kube persewaan tarub dan kube budi daya ikan lele. ‘’Masing-masing kube memiliki anggota lima orang. Mereka merupakan penerima bantuan PSKS dari pemerintah. Agar bantuan pemerintah itu bisa produktif, kami arahkan bantuan itu ke usaha yang dikelola kube. Diharapkan, dengan adanya kube ini, mereka semakin kompak dan dapat mengembangkan usaha yang dikelolanya,’’ ungkapnya, kemarin.

Keberadaan kube, kata dia, selain menjadi wadah untuk menjalin persaudaraan dan kekeluargaan antar warga, juga diharapkan dapat memudahkan pemerintah kelurahan untuk menyosialisasikan program-program pemerintah yang dilakukan. ‘’Dengan kube tersebut juga diharapkan mereka bisa lebih berdaya, kreatif dan sukses dengan usaha yang ditekuni,’’ harap dia.

Identifikasi

Menurut dia, hingga saat ini pihaknya juga masih melakukan identifikasi produk unggulan apa yang nantinya cocok menjadi identitas Kelurahan Paduroso. Diakui, dari jumlah penduduk 1187 jiwa atau 410 keluarga, ratarata bekerja sebagai buruh, baik buruh tani, buruh pekerja maupun pegawai swasta. ‘’Kami berharap, melalui kube ini juga nantinya bisa memunculkan produk unggulan Kelurahan Paduroso,’’ tutur dia.

Selain melalui kube, pihaknya juga terus menggiatkan ibu-ibu penggerak PKK dan dasa wisma agar semakin kreatif membuat produk olahan makanan, minuman maupun kerajinan tangan. (mar-36)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *