Pendidikan Karakter Melalui Pemilihan Pengurus OSIS

by

PURBALINGGA – SMP 1 Purbalingga mengadakan pemilihan OSIS, Jumat (30/9). Sebanyak 819 siswa kelas 7,8,9 menyalurkan hak suaranya untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2016/2017.

Penanggung jawab kegiatan, Firsty Julietanti mengatakan, kegiatan itu bertujuan sebagai pengembangan pendidikan karakter siswa, baik yang dipilih maupun yang memilih. ‘’Pendidikan karakter di sini antara lain jangan sampai anak golput. Sebagai warga OSIS yang baik harus memilih para calon yang ada. Sama juga ketika kelak mengikuti pemilu,’’katanya.

Percaya Diri

Pendidikan karakter yang lain adalah meumbuhkan rasa percaya diri siswa. Ketika melihat temannya berani tampil di depan, siswa akan termotivasi untuk berani tampil di depan juga. Dikatakan, melalui kegiatan itu siswa dilatih untuk bagaimana berorganisasi yang baik, menyikapi perbedaan pendapat, menyalurkan aspirasi, dan diskusi.

Dia menambahkan, animo siswa untuk mengikuti pemilihan ini sangat besar. Ada 177 siswa yang mengajukan diri untuk ikut pemilihan, sebagian besar siswa kelas 7.

‘’Tidak ada paksaan atau penunjukan dalam pemilihan ini. Siswa yang berminat langsung mengisi blangko yang disiapkan. Ternyata yang berminat banyak,’’katanya. Kepanitiaan pemilihan sepenuhnya dilakukan pengurus OSIS lama. Bahkan sampai pada tahap seleksi wawancara dilakukan siswa.

Para guru hanya mendampingi dan mengarahkan. Kegiatan diawali sejak 9 September berupa sosialisasi dan pendaftaran bakal calon pengurus OSIS. Seleksi dilakukan secara bertahap. Dari tes tertulis, tes baris berbaris, lalu tes wawancara.

Kemudian terpilih 3 calon ketua dan 3 calon wakil ketua OSIS. ‘ ’Mereka paparan visi dan misi di depan siswa. Dilanjutkan pemungutan suara. Pengumuman dan penetapan pengurus OSIS dilakukan pada Sabtu (1/10),’’ katanya. (F10-87)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *