Pendapatan UP3AD Brebes Rp 158 Miliar

by

BREBES – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor yang diperoleh Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Brebes pada 2016 ini menduduki peringkat kelima di Jateng.

Hingga Oktober ini, UP3AD Brebes mampu menyetorkan PAD dari pajak kendaraan bermotor Rp158.695.524.325, dari target yang ditetapkan pada 2016 sebesar Rp 231.180.581.000. Kepala UP3AD Brebes Alimin Suprayitno mengungkapkan, pencapaian PAD itu tidak lain berkat partisipasi warga dalam membayar pajak kendaraan.

Kesadaran masyarakat Brebes dalam membayar pajak kendaraan kini mengalami peningkatan tinggi. ’’Atas hasil ini kami memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Brebes yang mulai taat pajak.

Terbukti, dari data kami di lapangan saat merazia pengesahan STNK, diketahui 75% sudah pengesahan. Hanya ada beberapa yang belum, tapi mereka langsung membayar di tempat,’’ ujarnya, belum lama ini. Menurut dia, berbagai upaya memang dilakukan jajarannya untuk mendongkrak PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor tersebut.

Di antaranya dengan menerapkan sistem jemput bola pengesahan STNK bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, Jasa Raharja Brebes, dan anggota UP3AD. Bahkan, dari beberapa kali kegiatan operasi gabungan pajak kendaraan bermotor (PKB), Brebes menempati urutan pertama dalam mendapatkan penghasilan PAS yang dilakukan secara razia atau operasi gabungan tersebut.

’’Kalau sesuai dengan jumlah pendapatan yang dihasilkan dari operasi gabungan ini, kami memang menempati urutan pertama perolehan pendapatan dari kegiatan itu di Jateng. Upaya ini akan kami terus lakukan hingga Desember mendatang, sehingga PAD dari pajak kendaraan bermotor akan maksimal,’’paparnya.

Hasil Razia

Kepala Seksi Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) UP3AD Brebes Machfudh Amin menyebutkan, UP3AD Brebes untuk perolehan pendapatan dari hasil razia memang menempati urutan pertama di Jateng.

Namun, untuk pendapatan secara keseluruhan dari sektor pajak kendaraan UP3AD Brebes menempati urutan kelima di Jateng. ’’Hasil ini tidak lain berkat kerja sama semua pihak terkait, termasuk anggota kami dan peran serta aktif masyarakat yang makin sadar akan pajak kendaraan,’’sambungnya.

Lebih lanjut dia menekankan, dari beberapa operasi gabungan, pihaknya mendapat penerimaan Rp 30.680.350. Itu diperoleh dari razia di Jalan Jatibarang-Slawi, Jalan Raya Pagojegan (Terminal Lama Bumiayu), dan di Jalan Raya Linggapura, Kecamatan Tonjong. (H38-57)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *