Penanggulangan Lanjutan Tebing Longsor Ciporos Diusulkan Bantuan ke BNPB

by
BUTUH PENANGGULANGAN LANJUTAN: Kondisi tebing longsor di Dusun Ciporos, Desa Ciporos, Kecamatan Karangpucung, Cilacap membutuhkan penanggulangan lanjutan. (kecirit.com/Teguh Hidayat Akbar-)

BUTUH PENANGGULANGAN LANJUTAN: Kondisi tebing longsor di Dusun Ciporos, Desa Ciporos, Kecamatan Karangpucung, Cilacap membutuhkan penanggulangan lanjutan. (kecirit.com/Teguh Hidayat Akbar-)

CILACAP, kecirit.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengusulkan bantuan penanggulangan lanjutan tebing longsor di Dusun Ciporos, Desa Ciporos, Kecamatan Karangpucung, Cilacap kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Usulan itu sudah dilakukan baru-baru ini, dan tengah menunggu tanggapan dari badan kebencanaan nasional itu.

Kepala  Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martono mengatakan, longsornya tebing di wilayah itu mendesak dilakukan penanggulangan lanjutan. Mengingat, bencana itu persis berada di dekat permukiman warga dan baru dilakukan penanggulangan darurat atau sementara.

Sejauh ini, penanggulangan darurat berupa pemasangan kandi berisi tanah yang disusun. Susunan kandi itu, kemudian diperkuat dengan pagar bambu.

”Memang untuk tebing longsor itu mendesak dilakukan penanggulangan lanjutan, karena mengancam permukiman warga,” katanya, dikonfirmasi Selasa (25/10).

Selain permukiman, longsornya tebing juga menyebabkan kerusakan jalan desa. Keberadaan jalan di titik itu ikut ambles dan menimbulkan akses kendaraan roda empat terputus.Bahkan sampai Selasa (25/10), ruas jalan utama wilayah itu masih rusak. Kendaraan yang bisa melintasi hanya berlaku untuk roda dua, dan itupun harus berhati-hati.

”Untuk kebutuhan penanggulangan lanjutan itu, kami mengusulkan bantuan kepada BNPB. Usulan sudah disampaikan secara tertulis,” katanya.

Tebing di wilayah itu longsor pada awal Oktober lalu karena dipicu curah hujan tinggi. Longsoran itu menimpa satu rumah warga dan tiga rumah terancam.

Material longsoran itu berupa tanah/reruntuhan fondasi penguat jalan dan aspal yang ikut ambles. Material longsor menerjang bagian kamar dan dapur salah satu rumah warga. Beruntung, pemilik rumah sudah mengungsi, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

(Teguh Hidayat Akbar/CN39/SM Network)

loading...